KISI-KISI
SOAL UASBN SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata
Pelajaran: IPA SD
Penulis 1.Sutrisno, S. Pd 3.
Ratnawati, S. Pd 5. Junaidi, S. Pd BentukSoal :PilihanGanda
2. Sukarmi, S. Pd 4. Hariyanto 6. Muhammad HA, S. Pd JumlahSoal: 80 butir
No.
|
Indikatorkisi-kisi UASBN
|
Bahankelas/Smstr
|
Kemampuan yang diukur ( Materi )
|
IndikatorSoal
|
SoalNomor
|
1
|
Mengidentifikasi
cirikhusustumbuhan yanghidupdilingkungantertentu.
|
6/1
|
Ciri makhlukhidup dan
Penggolongan hewan
|
a.Peserta didik dapat nenentukan cirri-ciri khusus
pada
tumbuhan
ditempat yang kekuangan air
b.DIsajikan gambar kaktus ,siswa dapat menentukan
cirri-ciri
kusus pada tumbuhan yang hidup di lingkungan kering.
|
|
2
|
Menentukan dasar pengelompokanhewan.
|
6/1
|
Ciri makluk hidup hewan dan penggolongannya
|
a.Disajikan table berbagai jenis hewan siswa dpat
mengelompokkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
b.Disajikan gambar
kelompok hewan s,iswa dapat
mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanan.
|
|
3
|
Menunjukkan pasanganyang tepat antaranama hewan
dengan jenismakanannyayangdisajikandalamtabel.
|
6/1
|
a.Disajikan table berbagai hewan siswa dapat
mengelompokan
hewan
berdasarkan cara perkembangbiakanya
b.Disajikan table siswa dapat mengelompokan hewan
berdasarkan jenis makanannya.
|
|
|
4
|
Menentukan peran organisme tertentudalam
suatu rantai
makanan yang disajikandalamgambar
|
4/1
|
Hubungan antarmakhluk
Hidupdalam ekosistem
|
a.Disajiakn gambar rantai makanan siswa dapat
menentukan
peran
organisme yang ditunjukan oleh huruf A
b.Disajikan gambar rantai makanan siswa dapat
menentukan
peran organism salah satu rantai makanan.
|
|
5
|
Memberikancontohhubungan
yangerat antarmakhlukhidup(simbiosis).
|
4/1
|
|
a.Siswa dapat menentukan hubngan simbiosis antara
kerbau
dan
burung jalak
b.Siswa dapat menjelaskan hubungan simbiosis
komensalisme
|
|
6
|
Menjelaskanalasanterjadinyahubungan
antarmakhluk hiduppadasuatu ekosistemberdasarkan
ilustrasicontoh yangdiberikan.
|
4/1
|
|
a.Disajikan gambar rantai makanan siswa dapat
menyebutkan
peran
konsumen tingkat dua pada rantai makanan
b.Disajikan ilustrasi siswa dapat menjelaskan alas
an terjadinya
hubungan
antara makluk hiduppada suatu ekosistem
|
|
7
|
Menentukan cara
perkembangbiakan tumbuhantertentuyangdisajikandalam gambar.
|
6/1
|
Perkembangbiakan
dan
Penyesuaiandiri
Makhlukhidup
|
a.Disajikan gambar vegetatif buatan siswa dapat mengurutkan
cara
mencangkok
b.Disajikan gambar hewan siswa dapat menentukan cara
perkembangbiakan
|
|
8
|
Memberikan contoh
tumbuhan yang dapat dikembangbiakkandengan
caravegetatifbuatan/alami.
|
6/1
|
|
a.siswa mampu menjelaskan perkembangbiakan tumbuhan
sacara
vegetative buatan
b.Siswa dapatmenjelaskan perkembangbiakan tumbuhan
secara
vegetative alami
|
|
9
|
Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan
menyesuaikandiri dengancaratertentu.
|
5/1
|
|
a.Siswa mampu menjelaskan cara hewan menyesuaikan
diri
b.Siswa dapatmenjelaskan cara tumbuhan menyesuaikan
diri
|
|
10
|
Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan.
|
4/2
|
Pelestarian
lingkungan
|
a.Siswa dapat menyebutkan manfaat pelestarian hutan
mangroof
b.Siswa
mampu menjelaskan manfaat hutan
|
|
11
|
Menjelaskan cara mencegah
terjadinya
erosi,abrasi,banjir,dll.
|
4/2
|
|
a.Siswa dapat menentukan cara mencegah terjadinya
abrasi
b.Siswa dapat menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi
|
|
12
|
Menjelaskan fungsi
bagian tubuh tumbuhan/hewan
|
4/1
|
Bagiantubuh tumbuhan/hewan
Danfungsinya
|
a.Siswa
dapat menjelaskan fungsi daun pada tumbuhan
teratai
b.Siswa dapat ejelaskan fungsi bagian tubuh hewan
|
|
13
|
Menjelaskan manfaat
bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu
bagi kehidupan manusia.
|
4/1
|
|
a.Siswa mampu menjelaskan manfaat kulit pohon kina
bagi
manusia
b.Siswa dapat menjeslakan manfaat bagian tubuh hewan
bagi
manusia
|
|
14
|
Mengidentifikasi hewanyangmengalami daur hidup seperti tampak
pada gambar/diagram.
|
4/1
|
Daurhidup
beberapa
Hewan
|
a.Disajikan daur hidup lalat siswa dapat menjelaskan
daur
hidup
lalat
b.Disajikan data siswa dapat menjelaskan daur hidup hewan
|
|
15
|
Menentukan salah satu tahapan
daur
hidup
hewan tertentu yangmerugikan atau
menguntungkan manusia berdasarkanilustrasi.
|
4/1
|
Daurhidup
beberapa
Hewan
|
a.Disajikan gambarhewan kupu-kupu siswa dapat menetukan
tahapan
yang dapat merugikan manusia
b.Disajikan ilustrasi tahapan daur hidup hewan yang
menguntungkan manusia
|
|
16
|
Menentukan
jenis sendi yangdisajikan dalamgambar
|
4/1
|
Rangka manusia
|
a.Disajikan gambar rangka anggota gerak manusia
siswa dapat
menentukan
jenis sendi
b.Disajikan gambar siswa dapat menentukan jenis
sendi
|
|
17
|
Menjelaskanfungsibagianrangka
yangdisajikandalamgambar.
|
4/1
|
Rangka manusai
|
a.Disajikan gambar rangka manusia siswa dapat
menjelaskan
fungsi
rangka kepala/tengkorak
b.Disajikan gambar rangka manusia siswa dapat
menjelaskan
fungsi
bagian rangka
|
|
18
|
Menjelaskan fungsi
bagian indera pendengaran yang ditunjuk
dalam gambar.
|
4/1
|
Sistemorganpada
manusia
|
a.Disajikan gambar telinga siswa dapat menjelaskan
fungsi
bagian
–bagian telinga
b.Disjikan gambar ,siswa dapat menjelaskan fungsi
bagian
telinga
|
|
19
|
Menjelaskanfungsiorgan padamanusia
|
5/1
|
Bentuk energi dan perubahannya
|
a.Disajikan gambar perdaran darah manusia siswa
dapat
menjelaskan
urutan peredaran darah kecil
b.Disajikan gambar lambung ,siswa dapat menjelaskan
fungsi
lambung pada manusia
|
|
20
|
Menentukanpasanganyangtepatantara
bendadansifat-sifatnyadalamtabel.
|
6/2
|
Benda
|
a.Disajikan table sifat –sifat benda siswa dapat
menentukan
pasangan
yang tepat antara benda dan
sifat-sifatnya
b.Disajikan table benda dan sifatnya ,siswa dapat
menjelaskannya
|
|
21
|
Menjelaskan faktor-faktor yangmenyebabkan perubahan benda
(pelapukan,perkaratan,pembusukan).
|
6/2
|
Benda
|
a.siswa dapat menjelas factor-faktor pelapukan
biologi
b.Siswa dapat menjelaskan factor –faktor yang
menyebabkan
perkaratan
pada besi
|
|
22
|
Menyebutkanjenis
gaya dalamkegiatan sehari-hariberdasarkangambar.
|
4/1
|
Gaya dan gerak
|
a.Disajikan gambar ketapel siswa dapat menyebutkan
jenis
gaya dalam
kegiatan sehari-hari
b.Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan jenis
gaya dalam
kegiatan
sehari-hari
|
|
23
|
Menyebutkan contoh
kegiatan yang menunjukkan gayadapatmengubah gerak,arah, ataubentuk benda.
|
4/1
|
Gaya dan gerak
|
a.Siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan yang
menunjukan
gaya grafitasi
b.Siswa dapta menyebutkan contoh kegiatan yang
menunjukan
gaya dapat mengubah gerak ,arah,atau bentuk
benda
|
|
24
|
Menentukan bentuk energi pada alat/bendasaatdigunakan berdasarkan gambar.
|
5/1
|
Bentuk energi
dan perubahannya
|
a.Disajikan gambar solder siswa dapat menentukan
perubahan
bentuk
energy yang terjadi
b.Disajikan gambar siswa dapat menentukan bentuk
energy
pada alat
/benda saat digunakan
|
|
25
|
Menunjukkan gambar benda
atau kegiatan yang memanfaatkan energi
|
5/1
|
Bentuk energi dan perubahannya
|
a.Siswa dapat menunjukan gambar benda atau kegiatan
yang
memanfaatkan
energy matahari dalam kehidupan
sehari-hari
b.Siswa dapat
menunjukkan gambar benda atau kegiatan
yang memanfaatkan energy alternative tertentu dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
26
|
Menentukan cara
menghemat energi berdasarkanilustrasitentangkelangkaan energi.
|
4/1
|
Bentuk energi dan perubahannya
|
a.Siswa dapat menentukan cara menghemat energy
minyak
bumi
berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi
b.Disajikan ilustasi siswa dapat menentukan cara
menghemat
energy
|
|
27
|
Menentukanbenda-bendayangtermasuk
isolator/konduktorpanas.
|
6/1
|
Suhu dan kalor
|
a.Disajikan table berbagaimacambenda-benda yang
termasuk
konduktor
panas
b.Siswa dapat menentukan benda –benda yang termasuk
isolator
|
|
28
|
Menyebutkancontohperpindahanpanas dalamkehidupansehari-hari.
|
6/1
|
Suhu dan kalor
|
a.Disajikan gambar api unggun siswa dapat
menyebutkan
contoh
perpindahan panas secara radiasi dalam kehidupan
sehari-hari
b.Siswa dapat menyebut contoh perpindahan panas
dalam
kehidupan
sehari-hari
|
|
29
|
Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerapbunyiuntukmencegahgaung.
|
4/2
|
Bunyi dan kalor
|
a.Siswa dapat menyebutkan benda yang dapat
menyerap
bunyi
untuk mencegah
b.Siswa dapat
menyebutkan benda-benda yang dapat
menyerap
bunyi untuk mencegah gaung
|
|
30
|
Menentukanalatmusikyangdibunyikan
dengan cara
tertentu (misaldigesek,
ditiup,dipukul,dipetik,digetarkan).
|
4/2
|
Bunyi dan kalor
|
a.Siswa dapat menentukan alat musik yang di bunyikan
dengan
cara di gesek
b.Siswa dapat menentukan alat music yang dibunyikan
dengan
cara tertentu
(missal digesek,ditiup,dipetik,digetarkan )
|
|
31
|
Menjelaskan sifatcahaya yang terjadi berdasarkan ilustrasi
suatu kegiatan/gambar.
|
5/2
|
Bunyi dan kalor
|
a.Disajikan gambar siswa dapat menjelaskan sifat
cahaya yang
menembus
benda bening
b.Disajikan gambar siswa dapat menjelaskan sifat
cahaya
|
|
32
|
Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung
sehingga beberapa lampumenyala/mati,
bila diberikan
gambarrangkaianlistrikyangterdiriatas beberapalampudanduasaklar.
|
6/2
|
Listrik dan magnet
|
a.Disajikan gambar penghantar listrik siswa dapat
menentukan
saklar
yang harus diputus/disambung sehingga beberapa
lampu
menyala/mati
b.Disajikan gambar rangkaian listrik siswa dapat
menentukan
saklar-saklar yang harus di putus /disambung
sehingga
beberapa
lampu menyala /mati
|
|
33
|
Menentukan cara
membuat magnet
berdasarkangambar.
|
6/2
|
Listrik dan magnet
|
a.Disajikan gambar magnet buatan dari baterai
,paku,dan
kawat tembaga siswa dapat menenukan cara membuat
magnet
elektrolemagnet
b.Disajikan gambar pembuatan magnet siswa dapat
menentukan
cara membuat magnet
|
|
34
|
Menjelaskan manfaatsalah satu jenis sumberdayaalamberdasarkangambar.
|
6/5
|
Listrik dan magnet
|
a.Disajikan gambar kapas siswa dapat menjelaskan
manfaatnya
b.Disajikan gambar sapi ,siswa dapat menjelaskan
manfaat
salah satu
jenis sumber daya alam
|
|
35
|
Menentukanbeberapasumberdayaalam yangdapatdiperbaharui atautidakdapat diperbaharui.
|
6/2
|
Listrik dan magnet
|
a.Disajikan table siswa dapat menentukan beberapa
sumber
daya alam
yang dapat diperbaharui atau tidak dapat
diperbaharui
b.Siswa dapat menentukan beberapa sumberdaya alam
yang
dapat
diperbarui atau tidak dapat diperbarui
|
|
36
|
Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar.
|
5/2
|
Daur air
|
a.Disajikan gambar siklus air siswa dapat menentukan
tahapan
air
b.Disajikan gambar daur air siswa dapat menentukan
tahapan
daur air
|
|
37
|
Menjelaskan kegiatan
manusia yangdapatmempengaruhidaurair.
|
5/2
|
Daur air
|
a.Disajikan gammbar irigasi siswa dapat menentukan
kegiatan
yang berdampak buruk pada daur air
b.Disajikan ilustrasi kegiatan manusia siswa dapat menentukan
keberlangsungan daur air
|
|
38
|
Menjelaskanakibatgerakanbumi/bulan terhadap matahari.
|
6/2
|
Sistem tata surya
|
a.Siswa dapat menjelaskan akibat revolusi bulan
terhadap
matahari
b.Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan revolusi
bumi
terhadap
bulan matahari
|
|
39
|
Menentukannamaplanetyangditunjukpada gambarsistemtatasurya.
|
6/2
|
Sistem tata surya
|
a.Disajikan gambar tata surya siswa dapat menentukan
nama planet
yang ditunjuk pada gambar system tata surya
b.Disajikan gambar tata surya siswa dapat menentukan
nama
planet
|
|
40
|
Menjelaskandasarperhitungankalender
MasehiatauHijriah.
|
6/2
|
Sistem tata surya
|
a.Disajikan gambarsiswa dapat menjelaskan dasar
penghitungan
kalender masehi
b.Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan kalender
hijriyah
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar