Kamis, 17 Maret 2016

KISI-KISI SOAL UASBN SD/MI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Mata Pelajaran: IPA SD

KISI-KISI  SOAL UASBN  SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran:  IPA SD
Penulis              1.Sutrisno, S. Pd  3. Ratnawati, S. Pd      5. Junaidi, S. Pd                                                                                                                     BentukSoal :PilihanGanda
 2. Sukarmi, S. Pd                            4. Hariyanto                   6. Muhammad HA, S. Pd                                                                                    JumlahSoal: 80     butir

No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
Bahankelas/Smstr
Kemampuan yang diukur                ( Materi )
IndikatorSoal
SoalNomor
1
Mengidentifikasi cirikhusustumbuhan yanghidupdilingkungantertentu.
6/1
Ciri makhlukhidup dan
Penggolongan hewan
a.Peserta didik dapat nenentukan cirri-ciri khusus pada
    tumbuhan ditempat yang kekuangan air
b.DIsajikan gambar kaktus ,siswa dapat menentukan cirri-ciri
kusus pada tumbuhan yang hidup di lingkungan kering.

2
Menentukan dasar     pengelompokanhewan.

6/1
Ciri makluk hidup hewan dan penggolongannya
a.Disajikan table berbagai jenis hewan siswa dpat
    mengelompokkan hewan berdasarkan tempat  hidupnya
b.Disajikan gambar  kelompok hewan s,iswa dapat
mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanan.

3
Menunjukkan pasanganyang tepat antaranama hewan dengan jenismakanannyayangdisajikandalamtabel.
6/1
Ciri makluk hidup hewan dan penggolongannya
a.Disajikan table berbagai hewan siswa dapat mengelompokan
    hewan berdasarkan cara perkembangbiakanya
b.Disajikan table siswa dapat mengelompokan hewan
berdasarkan jenis makanannya.

4
Menentukan peran organisme tertentudalam  suatu   rantai  makanan  yang disajikandalamgambar
4/1
Hubungan antarmakhluk
Hidupdalam ekosistem
a.Disajiakn gambar rantai makanan siswa dapat menentukan
    peran organisme yang ditunjukan oleh huruf A
b.Disajikan gambar rantai makanan siswa dapat menentukan
peran organism salah satu rantai makanan.

5
Memberikancontohhubungan yangerat antarmakhlukhidup(simbiosis).

4/1

a.Siswa dapat menentukan hubngan simbiosis antara kerbau
     dan burung jalak
b.Siswa dapat menjelaskan hubungan simbiosis komensalisme




6
Menjelaskanalasanterjadinyahubungan antarmakhluk hiduppadasuatu ekosistemberdasarkan ilustrasicontoh yangdiberikan.
4/1

a.Disajikan gambar rantai makanan siswa dapat menyebutkan
     peran konsumen tingkat dua pada rantai makanan
b.Disajikan ilustrasi siswa dapat menjelaskan alas an terjadinya
     hubungan antara makluk hiduppada suatu ekosistem

7
Menentukan   cara   perkembangbiakan tumbuhantertentuyangdisajikandalam gambar.

6/1
Perkembangbiakan dan
Penyesuaiandiri
Makhlukhidup
a.Disajikan gambar vegetatif buatan siswa dapat  mengurutkan
    cara mencangkok
b.Disajikan gambar hewan siswa dapat menentukan cara
     perkembangbiakan

8
Memberikan   contoh  tumbuhan   yang dapat dikembangbiakkandengan caravegetatifbuatan/alami.
6/1

a.siswa mampu menjelaskan perkembangbiakan tumbuhan
    sacara vegetative  buatan
b.Siswa dapatmenjelaskan perkembangbiakan tumbuhan
    secara vegetative alami

9
Menjelaskan tujuan  hewan/tumbuhan
menyesuaikandiri dengancaratertentu.

5/1

a.Siswa mampu menjelaskan cara hewan menyesuaikan diri
b.Siswa dapatmenjelaskan cara tumbuhan menyesuaikan diri

10
Menjelaskan        manfaat      pelestarian lingkungan.

4/2
Pelestarian lingkungan
a.Siswa dapat menyebutkan manfaat pelestarian hutan
mangroof
b.Siswa   mampu  menjelaskan manfaat hutan

11
Menjelaskan cara mencegah terjadinya
erosi,abrasi,banjir,dll.
4/2

a.Siswa dapat menentukan cara mencegah terjadinya abrasi
b.Siswa dapat menjelaskan cara  mencegah terjadinya erosi

12
Menjelaskan     fungsi    bagian    tubuh tumbuhan/hewan
4/1
Bagiantubuh tumbuhan/hewan
Danfungsinya
a.Siswa   dapat menjelaskan fungsi daun pada tumbuhan
    teratai
b.Siswa dapat ejelaskan fungsi bagian tubuh hewan



13
Menjelaskan    manfaat   bagian   tubuh tumbuhan/hewan   tertentu    bagi kehidupan manusia.
4/1

a.Siswa mampu menjelaskan manfaat kulit pohon kina bagi
    manusia
b.Siswa dapat menjeslakan manfaat bagian tubuh hewan bagi
    manusia

14
Mengidentifikasi hewanyangmengalami daur      hidup   seperti   tampak   pada gambar/diagram.

4/1
Daurhidup beberapa
Hewan
a.Disajikan daur hidup lalat siswa dapat menjelaskan daur
     hidup lalat
b.Disajikan data siswa dapat   menjelaskan daur hidup hewan

15
Menentukan salah satu  tahapan  daur
hidup hewan  tertentu yangmerugikan atau menguntungkan  manusia berdasarkanilustrasi.
4/1
Daurhidup beberapa Hewan
a.Disajikan gambarhewan  kupu-kupu siswa dapat menetukan
    tahapan yang dapat merugikan manusia
b.Disajikan ilustrasi tahapan daur hidup hewan yang
     menguntungkan manusia

16
Menentukan jenis sendi yangdisajikan dalamgambar
4/1
Rangka manusia
a.Disajikan gambar rangka anggota gerak manusia siswa dapat
    menentukan jenis sendi
b.Disajikan gambar siswa dapat menentukan jenis sendi


17
Menjelaskanfungsibagianrangka yangdisajikandalamgambar.
4/1
Rangka manusai
a.Disajikan gambar rangka manusia siswa dapat menjelaskan
    fungsi rangka kepala/tengkorak
b.Disajikan gambar rangka manusia siswa dapat menjelaskan
    fungsi bagian rangka

18
Menjelaskan     fungsi    bagian    indera pendengaran         yang   ditunjuk    dalam gambar.



4/1
Sistemorganpada manusia
a.Disajikan gambar telinga siswa dapat menjelaskan fungsi
    bagian –bagian telinga
b.Disjikan gambar ,siswa dapat menjelaskan fungsi bagian
     telinga

19
Menjelaskanfungsiorgan padamanusia
5/1
Bentuk energi dan perubahannya
a.Disajikan gambar perdaran darah manusia siswa dapat  
  menjelaskan urutan peredaran darah kecil
b.Disajikan gambar lambung ,siswa dapat menjelaskan fungsi
lambung pada manusia

20
Menentukanpasanganyangtepatantara bendadansifat-sifatnyadalamtabel.

6/2
Benda
a.Disajikan table sifat –sifat benda siswa dapat menentukan  
    pasangan yang tepat antara   benda dan sifat-sifatnya
b.Disajikan table benda dan sifatnya ,siswa dapat
     menjelaskannya

21
Menjelaskan faktor-faktor        yangmenyebabkan      perubahan       benda
(pelapukan,perkaratan,pembusukan).
6/2
Benda
a.siswa dapat menjelas factor-faktor pelapukan biologi
b.Siswa dapat menjelaskan factor –faktor yang menyebabkan
    perkaratan pada besi

22
Menyebutkanjenis gaya dalamkegiatan sehari-hariberdasarkangambar.
4/1
Gaya dan gerak
a.Disajikan gambar ketapel siswa dapat menyebutkan jenis
    gaya dalam kegiatan sehari-hari
b.Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan jenis gaya dalam
   kegiatan sehari-hari

23
Menyebutkan    contoh   kegiatan   yang menunjukkan  gayadapatmengubah gerak,arah, ataubentuk benda.
4/1
Gaya dan gerak
a.Siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan yang
    menunjukan gaya grafitasi
b.Siswa dapta menyebutkan contoh kegiatan yang 
    menunjukan gaya dapat mengubah gerak ,arah,atau bentuk
    benda

24
Menentukan    bentuk      energi    pada alat/bendasaatdigunakan berdasarkan gambar.




5/1
Bentuk energi   dan perubahannya
a.Disajikan gambar solder siswa dapat menentukan perubahan
    bentuk energy yang terjadi
b.Disajikan gambar siswa dapat menentukan bentuk energy 
    pada alat /benda saat digunakan

25
Menunjukkan     gambar  benda    atau kegiatan         yang  memanfaatkan   energi
5/1
Bentuk energi dan perubahannya
a.Siswa dapat menunjukan gambar benda atau kegiatan yang
  memanfaatkan energy matahari  dalam kehidupan sehari-hari
b.Siswa  dapat menunjukkan gambar benda atau kegiatan
yang memanfaatkan energy alternative  tertentu dalam
kehidupan sehari-hari

26
Menentukan  cara    menghemat  energi berdasarkanilustrasitentangkelangkaan energi.
4/1
Bentuk energi dan perubahannya
a.Siswa dapat menentukan cara menghemat energy minyak
    bumi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi
b.Disajikan ilustasi siswa dapat menentukan cara menghemat 
 energy

27
Menentukanbenda-bendayangtermasuk
isolator/konduktorpanas.

6/1
Suhu dan kalor
a.Disajikan table berbagaimacambenda-benda yang termasuk
    konduktor panas
b.Siswa dapat menentukan benda –benda yang termasuk
isolator

28
Menyebutkancontohperpindahanpanas dalamkehidupansehari-hari.
6/1
Suhu dan kalor
a.Disajikan gambar api unggun siswa dapat menyebutkan 
   contoh perpindahan panas secara radiasi dalam kehidupan
   sehari-hari
b.Siswa dapat menyebut contoh perpindahan panas dalam
     kehidupan sehari-hari

29
Menyebutkan benda-benda   yang dapat menyerapbunyiuntukmencegahgaung.
4/2
Bunyi dan kalor
a.Siswa dapat menyebutkan benda yang dapat menyerap 
    bunyi untuk mencegah
b.Siswa  dapat menyebutkan benda-benda yang dapat
    menyerap bunyi untuk mencegah gaung

30
Menentukanalatmusikyangdibunyikan dengan          cara  tertentu  (misaldigesek, ditiup,dipukul,dipetik,digetarkan).
4/2
Bunyi dan kalor
a.Siswa dapat menentukan alat musik yang di bunyikan
    dengan cara di gesek
b.Siswa dapat menentukan alat music yang dibunyikan dengan
  cara tertentu (missal digesek,ditiup,dipetik,digetarkan )

31
Menjelaskan  sifatcahaya yang terjadi berdasarkan            ilustrasi         suatu kegiatan/gambar.

5/2
Bunyi dan kalor
a.Disajikan gambar siswa dapat menjelaskan sifat cahaya yang
    menembus benda bening
b.Disajikan gambar siswa dapat menjelaskan sifat cahaya

32
Menentukan saklar-saklar  yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampumenyala/mati,  bila  diberikan gambarrangkaianlistrikyangterdiriatas beberapalampudanduasaklar.

6/2
Listrik dan magnet
a.Disajikan gambar penghantar listrik siswa dapat menentukan
    saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa
    lampu menyala/mati
b.Disajikan gambar rangkaian listrik siswa dapat menentukan
saklar-saklar yang harus di putus /disambung sehingga 
    beberapa lampu menyala /mati

33
Menentukan   cara   membuat   magnet
berdasarkangambar.
6/2
Listrik dan magnet
a.Disajikan gambar magnet buatan dari baterai ,paku,dan
kawat tembaga siswa dapat menenukan cara membuat
    magnet elektrolemagnet
b.Disajikan gambar pembuatan magnet siswa dapat
    menentukan cara membuat magnet

34
Menjelaskan  manfaatsalah satu  jenis sumberdayaalamberdasarkangambar.
6/5
Listrik dan magnet
a.Disajikan gambar kapas siswa  dapat menjelaskan
    manfaatnya
b.Disajikan gambar sapi ,siswa dapat menjelaskan manfaat
    salah satu jenis sumber daya alam

35
Menentukanbeberapasumberdayaalam yangdapatdiperbaharui atautidakdapat diperbaharui.

6/2
Listrik dan magnet
a.Disajikan table siswa dapat menentukan beberapa sumber
   daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat
  diperbaharui
b.Siswa dapat menentukan beberapa sumberdaya alam yang
   dapat diperbarui atau tidak dapat diperbarui

36
Menentukan      tahapan       daur     air berdasarkan gambar.



5/2
Daur air
a.Disajikan gambar siklus air siswa dapat menentukan tahapan 
   air
b.Disajikan gambar daur air siswa dapat menentukan tahapan
    daur air

37
Menjelaskan  kegiatan  manusia   yangdapatmempengaruhidaurair.
5/2
Daur air
a.Disajikan gammbar irigasi siswa dapat menentukan kegiatan
yang berdampak buruk pada daur air
b.Disajikan ilustrasi kegiatan manusia siswa dapat menentukan
    keberlangsungan daur air

38
Menjelaskanakibatgerakanbumi/bulan terhadap matahari.
6/2
Sistem tata surya
a.Siswa dapat menjelaskan akibat revolusi bulan terhadap
    matahari
b.Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan revolusi bumi
    terhadap bulan matahari

39
Menentukannamaplanetyangditunjukpada gambarsistemtatasurya.

6/2
Sistem tata surya
a.Disajikan gambar tata surya siswa dapat menentukan
   nama planet yang ditunjuk pada gambar system tata surya
b.Disajikan gambar tata surya siswa dapat menentukan nama
    planet

40
Menjelaskandasarperhitungankalender
MasehiatauHijriah.
6/2
Sistem tata surya
a.Disajikan gambarsiswa  dapat menjelaskan dasar
    penghitungan kalender masehi
b.Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan kalender
     hijriyah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI - KISI SOAL ( USBN ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

KISI - KISI SOAL <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=c...