<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5544988464660718" | crossorigin="anonymous"></script> | |||||||||||||||||||
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL ( USBN ) | ||||||||||||||||||||
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR | ||||||||||||||||||||
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016 | ||||||||||||||||||||
NO | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR KISI KISI UASBN | KLS/SMTR | MATERI POKOK | INDIKATOR SOAL | NO SOAL | ||||||||||||||
1 | Memahami makna Q.S. al-Falaq, dan Al-Maun dengan baik dan benar | Melengkapi bacaanQ.S. al-Falaq, al-Maidah/5:2-3 | 4/1 | QS Al-Falaq | Disajikan satu ayat dari salah satu surat al-Falaq, peserta didik dapat melengkapi bacaan ayat berikutnya dengan benar | 1 | ||||||||||||||
2 | Memahami makna at-Tin dan al-Fil dengan benar. | 6/2 | QS. Al-Maidah 5:2-3, | Disajikan bagian ayat dari Q.S. al-Maidah/5:2-3 , peserta didik dapat melengkapi bacaan berikutnya dengan benar | 2 | |||||||||||||||
3 | Memahami makna Q.S. al-Kafirun,al-Maidah/5:2-3 dan al-Hujurat/49:12-13 dengan benar | Menentukan hukum tajwid, Q.S. al-Ma‘un, al-Kafirun, | 5/2 | QS Al-Maun | Disajikan satu ayat dari salah satu suratQ.S. al-Ma‘un, peserta didik dapat menentukan satu hukum tajwid pada ayat yang digarisbawahi dengan benar | 3 | ||||||||||||||
6/1 | QS Al-Kafirun | Disajikan satu ayat dari salah satu surat al-Kafirun, peserta didik dapat menentukan hukum tajwid pada ayat yang digarisbawahi dengan bena | 4 | |||||||||||||||||
Mengartikan ayat Q.S. at-Tin al-Maidah 5 : 2-3 | 5/1 | QS At-Tiin | Disajikan satu ayat dari surat pendek pilihan surat at-Tin peserta didik dapat menentukan artinya.dengan benar | 5 | ||||||||||||||||
6/2 | QS Al-Maidah | Disajikan bagian ayat dari surat al-Maidah 5 : 2-3, peserta didik dapat menentukan arti dari bagian ayat yang digarisbawahi dengan bena | 6 | |||||||||||||||||
Menentukan bacaan dari arti Q.S. At-Tiin, al-Maidah/5:2-3 | 4/1 | QS At-Tiin | Disajikan arti beberapa ayat dari surat pendek pilihan Q.S. At-Tiin, peserta didik dapat menentukan arti dari ayat tersebut dengan benar | 7 | ||||||||||||||||
6/2 | QS Al-Maidah 5 : 2-3 | Disajikan arti dari bagian ayat dari surat pilihan Q.S. al-Maidah/5:2-3 peserta didik dapat menentukan bacaan dari arti ayat tersebut dengan benar | 8 | |||||||||||||||||
Menunjukkan isi pokok Q.S. al-Kafirun, al-Hujarat/49 : 12-13 | 6/1 | QS Al-Kafirun | Disajikan beberapa pernyataan tentang isi pokok kandungan ayat, peserta didik dapat menentukan isi pokok dari salah satu surat al-Kafirun dengan benar | 9 | ||||||||||||||||
6/2 | QS Al-Hujarat/49 : 12-13 | Disajikan kutipan ayat dari surat pilihan Q.S. al-Hujarat/49 : 12-13 , peserta didik dapat menunjukkan isi pokok ayat tersebut. | 10 | |||||||||||||||||
4 | Memahami makna Asmaul Husna: al-Mumit,al-Hayy, al Qayyum, dan al-Ahad | Mengartikanasmaul husna al-Mumit | 5/1 | Asmaul husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, Al-Ahad | Disajikan beberapa arti asmaul husna, pesertadidik dapat menentukan arti salah satu asmaul husna al-Mumit,dengan benar | 11 | ||||||||||||||
Mengidentifikasi makna asma’ul husna al-Hayy | 5/1 | Asmaul husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, Al-Ahad | Disajikan ilustrasi perilaku seseorang yang mencerminkan pengamalan nilai Asmaul Husna Al hayyu dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan asmaul husna yang sesuai dengan ilustrasi tersebut dengan benar | 12 | ||||||||||||||||
5 | Memahami makna iman kepadamalaikat malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar | Mengidentifikasi tugas malaikat | 4/2 | Iman kepada Malaikat Allah SWT | Disajikan beberapa diskripsi tugas malaikat, peserta didik dapat menentukan nama malaikat sesuai diskripsi tugasnya dengan benar | 13 | ||||||||||||||
Memahami iman kepada rasul Allah | Mendefinisikan pengertian rasul Allah | 5/2 | Rasul Allah dan Nabi Ulul Azmi | Disajikan beberapa pernyataan tentang nabi dan rasul, peserta didik dapat menentukan definisi rasul Allah dengan benar. | 14 | |||||||||||||||
6 | Memahami nama-nama rasul Allahdan rasul ulul azmi | Menentukan nama rasul ulul azmi | 5/2 | Rasul Allah dan Nabi Ulul Azmi | Disajikan beberapa nama nabi dan rasul Allah, peserta didik dapat mengidentifikasi rasul yang mendapat gelar 'ulul 'azmi dengan benar | 15 | ||||||||||||||
7 | Memahami Makna diturunkannya kitab- kitab suci melalui rasul-rasul- Nya sebagai implementasi rukun iman. | mengidentifikasi nama-nama Kitab Allah dan rasul penerimanya | 5/1 | Hikmah beriman kepada kitab suci | Disajikan nama kitab-kitab Allah, peserta didik dapat mengidentifikasi nama rasul penerimanya dengan benar. | 16 | ||||||||||||||
Mengindentifikasi hikmah beriman kepada kitab suci | 5/1 | Hikmah beriman kepada kitab suci | Disajikan beberapa pernyataan tentang hikmah beriman kepada kitab suci, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang paling tepat. | 17 | ||||||||||||||||
8 | Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia | Menentukan nama-nama hari akhir yang sesuai dengan peristiwanya | 6/1 | Hikmah beriman kepada hari akhir | Disajikan deskripsi kejadian pada hari kiamat, peserta didik dapat menentukan nama hari akhir yang sesuai dengan kejadian tersebut dengan tepat | 18 | ||||||||||||||
Mengidentifikasi hikmah beriman kepada hari akhir | 6/1 | Qadha dan Qadar | Disajikan ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah beriman kepada hari akhir yang tercermin dari perilaku sehari-hari dengan benar | 19 | ||||||||||||||||
9 | Memahami hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia. | Mengidentifikasi qada dan qadar Allah dalam kehidupan sehari-hari | 6/2 | Qadha dan Qadar | Disajikan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan takdir, peserta didik dapat mengidentifikasi takdir mubram dengan tepat | 20 | ||||||||||||||
10 | Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar | Mendefinisikan perilaku Menghargai teman di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar | 5/2 | Sikap santun dan menghargai teman | Disajikan beberapa definisi, peserta didik dapat menentukan definisi perilaku menghargai dengan benar | 21 | ||||||||||||||
11 | Memahami sikap rendah hati | Mengidentifikasi perilaku santun, terhadap teman di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar | 4/1 | Sikap santun dan menghargai teman | Disajikan beberapa perilaku seseorang, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan sikap santun dengan tepat | 22 | ||||||||||||||
12 | Mengetahui makna QS Al-Maun | Mengidentifikasi ciri perilaku menghargai ikhlas, toleran | 5/2 | sikap ikhlas | Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku, peserta didik dapat menetapkan ciri - ciri orang yang ikhlas dengan benar | 23 | ||||||||||||||
5/2 | sikap ikhlas | Disajikan beberapa pernyataan. Peserta didik dapat menentukan akibat berprilaku tidak ikhlas | 24 | |||||||||||||||||
13 | Memahami manfaat gemar tolong menolong | Mengamati gambar yang menunjukan tentang contoh sikap tolong menolong sesuai dengan makna QS al maun | 5/2 | sikap tolong menolong | Disajikan gambar yang menunjukan tentang sikap tolong menolong sesuai dengan makna QS Al-maun | 25 | ||||||||||||||
14 | Mengenal nama - nama Rosul Allah dan Ulul Azmi | Mengidentifikasi sikap pantang menyerah Rosul ulul azmi | 5/2 | Rasul ulul azmi | Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap pantang menyerah Nabi Ibrahim as | 26 | ||||||||||||||
15 | Memahami makna sederhana dalam kehidupan sehari-hari. | Mengidentifikasi hikmah perilaku sederhana | 5/2 | sikap sederhana | Disajikan beberapa pernyataan. peserta didik dapat mengidentifikasi hikmahi orang yang perilaku sederhana | 27 | ||||||||||||||
16 | Memahami makna Ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari. | Mengidentifikasi ciri perilaku menghargai ikhlas, toleran | 5/2 | perilaku ikhlas | Disajikan beberapa ciri perilaku, peserta didik dapat menentukan ciri orang yang perilaku ikhlas | 28 | ||||||||||||||
6/1 | perilaku ikhlas | Disajikan contoh perbuatan yang sering terjadi di masyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi perbuatan tersebut sebagai perilaku ikhlas | 29 | |||||||||||||||||
17 | Memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S.al-Kafirun. | 6/1 | sikap toleransi | Disajikan contoh perbuatan yang sering terjadi di masyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi perbuatan tersebut sebagai perbuatan yang bertentangan dengan perilaku toleran | 30 | |||||||||||||||
18 | Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syari’at Islam. | Mengidentifikasi rukun, sunnah, atau yang membatalkan wudlu | 4/1 | Tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadas besar | Disajikan deskripsi tentang berwudlu, peserta didik dapat menentukan rukun wudlu | 31 | ||||||||||||||
Mengidentifikasi air yang bisa digunakan wudlu | 4/1 | Tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadas besar | Disajikan deskripsi tentang macam-macam air, peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam air yang bisa digunakan untuk berwudlu | 32 | ||||||||||||||||
19 | Memahami makna ibadah salat. | mengidentifikasi, syarat wajib, rukun, batal shalat dan hikmah shalat | 4/2 | makna shalat | Disajikan deskripsi tentang shalat.peserta didik dapat mengidentifikasi tentang rukun shalat. | 33 | ||||||||||||||
4/2 | makna shalat | Disajikan pernyataan tentang berbagai hikmah ibadah dalam tabel .Peserta didik dapat mengidentifikasi tentang hikmah shalat yang paling tepat | 34 | |||||||||||||||||
20 | Memahami hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia. | mengidentifikasi definisi, syarat wajib,rukun, dan batal puasa | 5/1 | hikmah puasa Ramadhan | Disajikan deskripsi tentang pengertian ibadah, peserta didik dapat menentukan pengertian puasa dengan benar | 35 | ||||||||||||||
5/1 | hikmah puasa Ramadhan | Disajikan deskripsi tentang puasa, peserta didik dapat mengidentifikasi tentang rukun puasa | 36 | |||||||||||||||||
21 | Memahami pelaksanaan salat tarāwih dan tadārus al-Qur’ān | Mengidentifikasi ketentuan shalat tarawih | 5/1 | hikmah puasa Ramadhan | Disajikan deskripsi tentang hal-hal yang berkaitan dengan shalat sunnah dalam tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum shalat tarawih | 37 | ||||||||||||||
Mengeidentifikasi tata aturan dalam bertadurus Al-qur’an | 5/2 | hikmah puasa Ramadhan | Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku seseorang dalam membaca Al-qur’an, peserta didik dapat mengidentifikasi tatacara atau tata aturan dalam bertadarus yang paling tepat | 38 | ||||||||||||||||
22 | Memahami hikmah dan hukum zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam. | Mengidentifikasi perbedaan zakat dan shadaqah | 6/1 | Hikmah zakat infaq dan shadaqah | Disajikan pernyataan tentang perbedaan zakat dan shadaqah, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan yang paling tepat | 39 | ||||||||||||||
Mengidentifikasi ketentuan zakat | 6/1 | Hukum zakat infaq dan shadaqah | Disajikan ilustrasi kemiskinan di Indonesia. Peserta didik dapat mengidentifikasi hukum mengeluarkan zakat | 40 | ||||||||||||||||
23 | Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw | Menentukan silsilah keturunan keluarga, ayah, ibu atau nenek moyang nabi Muhammad saw | 5/2 | Kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW | Disajikan deskripsi tentang silsilah nabi,peserta didik dapat menentukan nama ayah atau ibu atau nenek moyang dari Nabi Muhammad saw | 41 | ||||||||||||||
24 | Memahami kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s | Mengidentifikasi mukjizat dan tantangan atau rintangan yang dihadapi Nabi Ayyub as,dan Nabi Musa as | 5/2 | Kisah keteladanan Nabi Ayub as | Disajikan deskripsi beberapa peristiwa yang dialami para nabi,peserta didik dapat menentukan Tantangan Nabi Ayyub as dengan benar | 42 | ||||||||||||||
25 | Memahami kisah keteladanan Nabi Musa a.s. | 5/2 | Kisah keteladanan Nabi Musa as | Disajikan deskripsi tentang perjuangan para nabi, peserta didik dapat mengidentifikasi Mukjizat yang dihadapi Nabi Musa as. | 43 | |||||||||||||||
26 | Memahami kisah keteladanan wali Songo | Menentukan nama, daerah dan jejak peninggalan dakwahnya para wali penyebar Islam di Indonesia | 4/2 | Kisah keteladanan Walisongo | Disajikan deskripsi tentang penyebaran Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan nama, daerah atau jejak peninggalan dakwahnya para tokoh ulama penyebar Islam dengan bena | 44 | ||||||||||||||
27 | Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw | Menentukan nama kota dan negara tempat dakwahya Nabi Muhammad saw | 5/2 | kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW | Disajikan tabel nama-nama negara,peserta didik dapat menentukan negara yang menjadi tempat dakwahnya Nabi Muhammad saw dengan benar | 45 | ||||||||||||||
28 | Memahami kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s | Mengidentifikasi perilaku patut diteladani dari Nabi Sulaiman as, | 5/1 | Kisah keteladanan Nabi Sulaiman AS | Disajikan deskripsi tentang perilaku para nabi,peserta didik dapat menidentifikasi perilaku menonjol yang patut diteladanidariNabi Sulaiman as,dengan banar | 46 | ||||||||||||||
29 | Memahami kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an | Mengidentifikasi pesan-pesan Luqman kepada anaknya | 6/2 | Kisah keteladanan lukman | Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi pesan-pesan Luqman kepada anaknya denan benar | 47 | ||||||||||||||
30 | Memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s. | Menentukan nama kaum atau pengikut Nabi Isa as | 5/1 | kisah keteladanan Nabi Isa as | Disajikan ilustrasi dakwahnya para nabi,peserta didik dapat menentukan nama nama kaum Nabi Isa as dengan tepat | 48 | ||||||||||||||
31 | Memahami kisah keteladanan sahabat- sahabat Nabi Muhammad saw. | Memasangkan nama sahabat nabi dengan gelarnya | 6/1 | Kisah keteladanan sahabat nabi Muhammad SAW | Disajikan tabel nama-nama sahabat Rasulullah dan tabel gelar atau julukannya,peserta didik dapat memasangkannama sahabat dengan gelar atau julukannya dengan tepat. | 49 | ||||||||||||||
32 | Memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al- Qur’an. | Menentukan nama,jumlah orang dan tempat Ashabul Kahfi | 6/2 | Kisah keteladanan ashabul kahfi | Disajikan deskripsi tentang Ashabul Kahfi, peserta didik menentukan jumlah Ashabul Kahfi dengan benar | 50 |
Kamis, 17 Maret 2016
KISI - KISI SOAL ( USBN ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
KISI - KISI SOAL ( USBN ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
KISI - KISI SOAL <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=c...
-
KISI - KISI SOAL <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=c...
-
KISI-KISI SOAL UASBN SD/MI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Mata Pelajaran: IPS A Penulis 1. Surianto, S.Pd ...
-
KISI-KISI SOAL UASBN SD/MI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Mata Pelajaran : IPS ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar