Kamis, 17 Maret 2016

KISI - KISI SOAL ( USBN ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

KISI - KISI SOAL
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5544988464660718"     crossorigin="anonymous"></script>
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL ( USBN )
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

NO KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KISI KISI UASBN KLS/SMTR MATERI POKOK INDIKATOR SOAL NO SOAL
1 Memahami makna Q.S. al-Falaq, dan Al-Maun dengan baik dan benar Melengkapi bacaanQ.S. al-Falaq, al-Maidah/5:2-3  4/1 QS  Al-Falaq Disajikan satu ayat dari salah satu surat  al-Falaq,   peserta didik dapat melengkapi bacaan ayat berikutnya dengan benar 1
2 Memahami makna at-Tin dan  al-Fil dengan benar. 6/2 QS. Al-Maidah 5:2-3,  Disajikan bagian  ayat dari  Q.S. al-Maidah/5:2-3 , peserta didik dapat melengkapi bacaan berikutnya dengan benar 2
3 Memahami makna Q.S.  al-Kafirun,al-Maidah/5:2-3 dan  al-Hujurat/49:12-13 dengan benar  Menentukan hukum tajwid, Q.S. al-Ma‘un, al-Kafirun,   5/2 QS Al-Maun Disajikan satu ayat dari salah satu suratQ.S.  al-Ma‘un, peserta didik dapat menentukan satu hukum tajwid pada ayat yang digarisbawahi dengan benar 3
6/1 QS Al-Kafirun Disajikan satu ayat dari salah satu surat  al-Kafirun, peserta didik dapat menentukan hukum tajwid pada ayat yang digarisbawahi dengan bena 4
Mengartikan ayat Q.S. at-Tin al-Maidah 5 : 2-3 5/1 QS At-Tiin Disajikan satu ayat dari surat pendek pilihan surat  at-Tin peserta didik dapat menentukan artinya.dengan benar 5
6/2 QS Al-Maidah Disajikan bagian ayat dari surat  al-Maidah 5 : 2-3, peserta didik dapat menentukan arti dari bagian ayat yang digarisbawahi dengan bena 6
Menentukan bacaan dari arti Q.S.  At-Tiin,  al-Maidah/5:2-3  4/1 QS At-Tiin Disajikan arti beberapa ayat dari surat pendek pilihan Q.S.  At-Tiin, peserta didik dapat menentukan arti dari ayat tersebut dengan benar 7
6/2 QS Al-Maidah 5 : 2-3 Disajikan arti dari bagian ayat dari surat pilihan  Q.S. al-Maidah/5:2-3  peserta didik dapat menentukan bacaan dari arti ayat tersebut dengan benar 8
Menunjukkan isi pokok Q.S.  al-Kafirun,  al-Hujarat/49 : 12-13 6/1 QS Al-Kafirun Disajikan beberapa pernyataan tentang isi pokok kandungan ayat, peserta didik dapat menentukan isi pokok dari salah satu surat al-Kafirun dengan benar 9
  6/2 QS Al-Hujarat/49 : 12-13 Disajikan kutipan ayat dari surat pilihan Q.S.  al-Hujarat/49 : 12-13 , peserta didik dapat menunjukkan isi pokok ayat tersebut. 10
4 Memahami makna Asmaul Husna: al-Mumit,al-Hayy, al Qayyum, dan al-Ahad Mengartikanasmaul husna al-Mumit   5/1 Asmaul husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, Al-Ahad Disajikan beberapa arti asmaul husna, pesertadidik dapat menentukan arti salah satu asmaul husna  al-Mumit,dengan benar 11
Mengidentifikasi makna asma’ul husna al-Hayy 5/1 Asmaul husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, Al-Ahad Disajikan ilustrasi perilaku seseorang yang mencerminkan pengamalan nilai Asmaul Husna Al hayyu dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan asmaul husna yang sesuai dengan ilustrasi tersebut dengan benar 12
5 Memahami makna iman kepadamalaikat malaikat Allah berdasarkan  pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar Mengidentifikasi tugas malaikat 4/2 Iman kepada Malaikat Allah SWT Disajikan beberapa diskripsi tugas malaikat, peserta didik dapat menentukan nama malaikat sesuai diskripsi tugasnya dengan benar  13
Memahami iman kepada rasul Allah Mendefinisikan pengertian rasul Allah 5/2 Rasul Allah  dan  Nabi Ulul Azmi Disajikan beberapa pernyataan tentang nabi dan rasul, peserta didik dapat menentukan definisi rasul Allah dengan benar. 14
6 Memahami nama-nama rasul Allahdan rasul ulul azmi Menentukan nama rasul ulul azmi 5/2 Rasul Allah  dan  Nabi Ulul Azmi Disajikan beberapa nama nabi dan rasul Allah, peserta didik dapat mengidentifikasi rasul yang mendapat gelar 'ulul 'azmi dengan benar  15
7 Memahami Makna diturunkannya kitab- kitab suci melalui rasul-rasul- Nya sebagai implementasi rukun iman. mengidentifikasi nama-nama Kitab Allah dan rasul penerimanya 5/1 Hikmah beriman kepada kitab suci Disajikan nama kitab-kitab Allah, peserta didik dapat mengidentifikasi nama rasul penerimanya dengan benar.  16
Mengindentifikasi hikmah beriman kepada kitab suci 5/1 Hikmah beriman kepada kitab suci Disajikan beberapa pernyataan tentang hikmah beriman kepada kitab suci, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang paling tepat. 17
8 Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia Menentukan nama-nama hari akhir yang sesuai dengan peristiwanya  6/1 Hikmah beriman kepada hari akhir Disajikan deskripsi kejadian pada hari kiamat, peserta didik dapat menentukan nama hari akhir yang sesuai dengan kejadian tersebut dengan tepat 18
Mengidentifikasi hikmah beriman kepada hari akhir 6/1 Qadha dan Qadar Disajikan ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah beriman kepada hari akhir yang tercermin dari perilaku sehari-hari dengan benar 19
9 Memahami hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia. Mengidentifikasi  qada dan qadar Allah dalam kehidupan sehari-hari 6/2 Qadha dan Qadar Disajikan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan takdir, peserta didik dapat mengidentifikasi takdir mubram  dengan tepat 20
10 Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar Mendefinisikan perilaku Menghargai teman di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar 5/2 Sikap santun dan menghargai teman Disajikan beberapa definisi,  peserta didik dapat menentukan definisi perilaku menghargai dengan benar 21
11 Memahami sikap rendah hati Mengidentifikasi perilaku santun, terhadap teman di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar 4/1 Sikap santun dan menghargai teman Disajikan beberapa perilaku seseorang, peserta didik dapat mengidentifikasi  perilaku yang sesuai dengan  sikap  santun dengan tepat 22
   
12 Mengetahui makna QS Al-Maun Mengidentifikasi  ciri perilaku menghargai ikhlas, toleran 5/2 sikap ikhlas Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku, peserta didik dapat menetapkan ciri - ciri orang yang ikhlas dengan benar 23
5/2 sikap ikhlas Disajikan beberapa pernyataan. Peserta didik dapat menentukan akibat berprilaku tidak ikhlas 24
13 Memahami manfaat gemar tolong menolong Mengamati gambar yang menunjukan tentang contoh sikap tolong menolong sesuai dengan makna QS al maun 5/2 sikap tolong menolong Disajikan gambar yang menunjukan tentang sikap tolong menolong sesuai dengan makna QS Al-maun 25
14 Mengenal nama - nama Rosul Allah dan Ulul Azmi Mengidentifikasi sikap pantang menyerah Rosul ulul azmi 5/2 Rasul ulul azmi Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap pantang menyerah Nabi Ibrahim as 26
15 Memahami makna sederhana dalam kehidupan sehari-hari.  Mengidentifikasi  hikmah perilaku sederhana 5/2 sikap sederhana Disajikan beberapa pernyataan. peserta didik dapat mengidentifikasi hikmahi orang yang perilaku sederhana 27
16 Memahami makna Ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari. Mengidentifikasi  ciri perilaku menghargai ikhlas, toleran 5/2 perilaku ikhlas Disajikan beberapa ciri perilaku, peserta didik dapat menentukan ciri orang yang perilaku ikhlas 28
    6/1 perilaku ikhlas Disajikan contoh perbuatan yang sering terjadi di masyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi perbuatan tersebut sebagai perilaku ikhlas 29
17 Memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman  Q.S.al-Kafirun.   6/1 sikap toleransi Disajikan contoh perbuatan yang sering terjadi di masyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi perbuatan tersebut sebagai perbuatan yang bertentangan dengan perilaku toleran 30
18 Memahami tata cara bersuci  dari hadas kecil  sesuai  ketentuan syari’at Islam. Mengidentifikasi rukun, sunnah, atau yang membatalkan wudlu  4/1 Tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadas besar Disajikan deskripsi tentang berwudlu, peserta didik dapat menentukan rukun  wudlu 31
Mengidentifikasi air yang bisa digunakan wudlu 4/1 Tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadas besar Disajikan deskripsi tentang macam-macam air, peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam air yang bisa digunakan untuk berwudlu 32
19 Memahami makna ibadah salat. mengidentifikasi, syarat wajib, rukun, batal  shalat dan hikmah  shalat 4/2 makna shalat Disajikan deskripsi tentang shalat.peserta didik dapat mengidentifikasi tentang rukun  shalat. 33
4/2 makna shalat Disajikan pernyataan  tentang berbagai hikmah ibadah dalam tabel .Peserta didik dapat mengidentifikasi tentang  hikmah shalat yang paling tepat 34
20 Memahami hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia. mengidentifikasi definisi, syarat wajib,rukun, dan  batal  puasa 5/1 hikmah puasa Ramadhan Disajikan deskripsi tentang pengertian ibadah, peserta didik dapat menentukan pengertian puasa dengan benar 35
5/1 hikmah puasa Ramadhan Disajikan deskripsi tentang puasa, peserta didik dapat mengidentifikasi tentang rukun  puasa 36
21 Memahami pelaksanaan salat tarāwih dan tadārus al-Qur’ān  Mengidentifikasi ketentuan shalat tarawih 5/1 hikmah puasa Ramadhan Disajikan deskripsi tentang hal-hal yang berkaitan dengan shalat sunnah dalam tabel, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum  shalat tarawih  37
Mengeidentifikasi tata aturan dalam bertadurus Al-qur’an  5/2 hikmah puasa Ramadhan Disajikan  beberapa pernyataan tentang perilaku seseorang dalam membaca Al-qur’an, peserta didik dapat mengidentifikasi tatacara atau tata aturan dalam bertadarus yang paling tepat 38
22 Memahami hikmah dan hukum zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam. Mengidentifikasi perbedaan zakat dan shadaqah 6/1 Hikmah zakat infaq dan shadaqah Disajikan  pernyataan tentang perbedaan zakat dan shadaqah, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan yang paling tepat 39
Mengidentifikasi  ketentuan zakat 6/1 Hukum zakat infaq dan shadaqah Disajikan  ilustrasi kemiskinan di Indonesia.  Peserta didik dapat mengidentifikasi hukum mengeluarkan zakat  40
23 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw Menentukan silsilah keturunan keluarga, ayah, ibu atau nenek moyang nabi Muhammad saw 5/2 Kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW Disajikan deskripsi tentang silsilah nabi,peserta didik dapat menentukan nama ayah atau ibu atau nenek moyang  dari Nabi Muhammad saw 41
24 Memahami  kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s Mengidentifikasi mukjizat dan tantangan atau rintangan yang dihadapi Nabi Ayyub as,dan Nabi Musa as 5/2 Kisah keteladanan Nabi Ayub as Disajikan deskripsi beberapa peristiwa yang dialami para nabi,peserta didik dapat menentukan Tantangan Nabi  Ayyub as dengan benar 42
25 Memahami kisah keteladanan Nabi  Musa a.s. 5/2 Kisah keteladanan Nabi Musa as Disajikan deskripsi tentang perjuangan para nabi, peserta didik dapat mengidentifikasi Mukjizat yang dihadapi  Nabi  Musa as. 43
26 Memahami kisah keteladanan wali Songo Menentukan nama, daerah  dan jejak peninggalan dakwahnya para wali penyebar Islam di Indonesia  4/2 Kisah keteladanan Walisongo Disajikan deskripsi tentang penyebaran Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan nama, daerah atau jejak peninggalan dakwahnya para tokoh ulama  penyebar Islam dengan bena 44
27 Memahami kisah keteladanan  Nabi Muhammad saw Menentukan nama kota dan negara tempat dakwahya Nabi Muhammad saw 5/2 kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW Disajikan tabel nama-nama negara,peserta didik dapat menentukan negara yang menjadi tempat dakwahnya Nabi Muhammad saw dengan benar 45
28 Memahami  kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s Mengidentifikasi perilaku patut diteladani dari Nabi Sulaiman as,  5/1 Kisah keteladanan Nabi Sulaiman AS Disajikan deskripsi tentang perilaku para nabi,peserta didik dapat menidentifikasi perilaku menonjol yang patut diteladanidariNabi Sulaiman as,dengan banar  46
29 Memahami kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an Mengidentifikasi pesan-pesan Luqman kepada anaknya 6/2 Kisah keteladanan lukman Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi pesan-pesan Luqman kepada anaknya denan benar  47
30 Memahami kisah keteladanan Nabi  Isa a.s. Menentukan nama kaum atau pengikut Nabi  Isa as 5/1 kisah keteladanan Nabi Isa as Disajikan ilustrasi dakwahnya para nabi,peserta didik dapat menentukan nama nama kaum  Nabi  Isa as dengan tepat 48
31 Memahami kisah keteladanan sahabat- sahabat Nabi Muhammad saw.  Memasangkan nama sahabat nabi dengan gelarnya 6/1 Kisah keteladanan sahabat nabi Muhammad SAW Disajikan tabel nama-nama sahabat Rasulullah dan tabel gelar atau julukannya,peserta didik dapat memasangkannama sahabat dengan gelar atau julukannya dengan tepat. 49
32 Memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al- Qur’an. Menentukan nama,jumlah orang dan tempat Ashabul Kahfi 6/2 Kisah keteladanan ashabul kahfi Disajikan deskripsi tentang Ashabul Kahfi, peserta didik menentukan jumlah  Ashabul Kahfi dengan benar 50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI - KISI SOAL ( USBN ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

KISI - KISI SOAL <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=c...