KISI-KISI SOAL UASBN SD/MI
TAHUN
PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran : IPS Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Penulis : 1. Surianto,S.Pd. JumlahSoal : 50 butir
2.
Nurwahidah,SP.
3.
Hadi Mustafa,S.Pd.
4.
Ahmad Sofikun,S.Pd.
5.
Muhammad Yamin
6.
Rizal Taufiq
No.
|
Indikatorkisi-kisi
UASBN
(KD Permendikbud No. 37)
|
Indikator kompetensi dasar
|
Bahan kelas /smtr
|
Kemampuan yang di ukur
( materi)
|
Indikator
Soal B
|
Soal Nomor
|
|
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas
antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
pendidikan
|
-Mengidentifiksi hubungan dengan benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari dengan jenis pekerjaan
|
IV
Tema 4
|
Jenis-jenis pekerjaan
|
ü Di sajikan gambar Siswa dapat menyebutkan benda yang di hasil kan pada
gambar menggarap sawah
ü Siswa dapat menyebutkan contoh orang yang bekerja di bidang jasa
|
1
2
|
3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah,
sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan
kondisi geografis di sekitarnya
3.4 Memahami kehidupan manusia dalam kelembagaan
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar
3 .5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
Menjelaskan sifat kepahlawanan raja-raja dari masa
hindu, budha dan islam melalui lini masa
Mengidentifikasi kenampakan alam dan buatan.
-mampu menjelaskan kenampakan alam daratan dan
mamfaat bagi masyarakat
Menjelaskan mamfaat pajak
Menghubungkan suatu akibat dengan tindakan yang di
lakukan
-Menyebutkan contoh intraksi manusia dengan alam
|
Tema 5
IV/tema 2
Tema 8
Tema 3
|
Sifat-sifat kepahlawanan raja-raja dari masa hindu dan
islam
Kenampakan alam
dan buatan
pajak
|
ü siswa dapat mejelaskan sifat kepahlawan
Raja Mulawarman dalam membangun prasasti
ü Siswa dapat menunjukan sikap kepahlawanan dengan menyanyikan lagu
kebangsaan dengan khidmat
ü Di sajikan gambar pantai, siswa dapat menunjukan kenampakan alam berupa pantai
ü Siswa dapat mejelaskan mamfaat dari dataran tinggi
ü Siswa dapat menyebutkan jeni pajak kabupaten
ü Siswa dapat meyebutkan mamfaat pajak
ü Siswa dapat menjelaskan tindakan yang dapat merusak alam
ü siswa dapat menyebutkan contoh intraksi manusia dengan alam
|
3
4
5
6
7
8
9
10
|
No.
|
Indikatorkisi-kisi
UASBN
KD Permendikbud No 57 Lamp.1
|
Indikator KD
|
Bahan kelas/Smstr
|
Kemampuan
yang diukur /di ujikan ( Materi )
|
Indikator Soal
|
Soal Nomor
|
|
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang,
konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam
kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
|
Tema 1 3.1.1. Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang
sosial,ekonomi,pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
|
V/ 1
|
aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya
|
Di sajikan
gambar tertentu :
ü Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan manusia yang menyebabkan perubahan
alam
ü Siswa dapat menjelaskan dampak negative kegiatan manusia yang menebang pohon
|
11
12
|
Tema 2 3.1.2. Memahami pengertian dan
makna perubahan dalam kehidupan masyarakat.
|
V/ 1
|
Memahami pengertian dan makna perubahan dalam kehidupan
masyarakat.
|
Disajikan teks
tertentu:
ü Siswa
dapat menjelaskan makna perubahan dalam kehidupan masyarakat
|
13
|
||
Tema 6 3.1.3. Mengenal aktifitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang
di bidang sosial,ekonomi ,pendidikan,dan budaya dalam lingkup nasional.
|
V/ 2
|
Mengenal aktifitas kehidupan manusia dan perubahannya
|
ü Disajikan
gambar kegiatan manusiayang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraannya.
|
14
|
||
|
3.2 Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia
dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan
serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
|
Tema 7 3.2.1. Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia
dan dampak keberlanjutannya di bidang, sosial,ekonomi,pendidikan,dan
budaya pada masa penjajahan.
|
V/ 2
|
perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia
|
ü Siswa
dapat menjelaskan kehidupan bangsa Indonesia pada jaman penjajahan
ü Siswa
dapat menyebutkan dampak ekonomi bagi kehidupan masyarakat pada jaman
penjajahan
ü Siswa
dapat menyebutkan dampak pendidikan bagi kehidupan masyarakat pada jaman
penjajahan
ü
ü siswa
dapat menyebutkan hasil budaya indonesia yang sudah mendunia.
|
15,
16
17
18
|
|
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan
kondisi geografis di wilayah Indonesia
|
Tema 4 3.3.1.Mengidentifikasi gejala alam yang sering terjadi yang berkaitan
dengan kondisi geografis setempat.
|
V/ 1
|
gejala alam yang sering terjadi
|
ü Siswa
dapat menyebutkan gejala
alam yang sering wilayah indonesia
ü Siswa dapat menjelaskan daerah yang sering longsor.
ü Siswa dapat menyebutkan akibat
dari bencana gejala alam.
ü Siswa dapat menyebutkan salah
satu cara menanggulangi bencana
alam
|
19
20
21
22
|
|
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial,
ekonomi dan budaya, dalam
masyarakat Indonesia
|
Tema 4 3.4.2. Mengenal
bentuk,fungsi,dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat.
|
V/ 1
|
Mengenal bentuk,fungsi,dan peran lembaga budaya
|
Di sajikan teks dan gambar tertentu:
ü Siswa
dapat menjelaskan bentuk lembaga budaya yang ada di
masyarakat.
ü Siswa
dapat menjelaskan fungsi,dan lembaga budaya yang ada
di masyarakat.
ü Siswa
dapat menjelaskan peran lembaga budaya yang ada di
masyarakat.
|
23
24
25
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
3.3. Memahami keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.
3.2. Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya
perubahan masyarakat Indonesia dari Masa Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan
awal Reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara.
3.1. Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang,waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
3.5.
Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi.
3.4.
Menelaah manfaat
kelembagaan
politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa
Indonesia.
|
1. Menjelaskan
kondisi geografis di wilayah Indonesia
serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial dan budaya.
2.
Mengaitkan manusia dalam hubungannya
dengan hewan serta pengaruhnya bagi kehidupan.
3.
Menemukan keterkaitan hubungan
manusia dengan kelestarian hewan dan
tumbuhan.
4.
Menjelaskan manfaat melestarikan tumbuhan bagi masyarakat dan
lingkungan.
1.
Menjelaskan melalui lini masa
tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa persiapan
proklamasi kemerdekaan.
2.
Menjelaskan perbedaan kehidupan
masyarakat Indonesia di Masa Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dan di
masa setelah kemerdekaan.
3.
Menjelaskan melalui garis waktu
tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari Masa Perjuangan
Diplomasi Mempertahankan Kemerdekaan
.
4.
Menggali informasi dari berbagai
sumber tentang sebab dan akibat perubahan masyarakat pada Masa Orde Baru dan
Reformasi.
1.
Menjelaskan penemuan Nicola Tesla
yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik.
2.
Menjelaskan jasa Goodyear dan Dunlop
bagi dunia.
3.
Mampu menjelaskan pengaruh listrik
terhadap kehidupan masyarakat di lingkungan sekitar.
4.
Menjelaskan lini masa perkembangan komputer.
5.
Menyebutkan keragaman penemuan dan
pengaruhnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dalam bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya
6.
Menjelaskan perubahan kehidupan
masyarakat dengan ditemukannya baterai.
7.
Mengidentifikasi perubahan kehidupan
manusia sebagai akibat positif dari globalisasi.
8.
Menjelaskan pengaruh globalisasi
terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
9. Menjelaskan
keragaman di Indonesia dikaitan dengan perbedaan waktu.
10.
Mencari informasi pengaruh perbedaan waktu di
Indonesia dan dunia.
11.
Menjelaskan keragaman wilayah di
Indonesia.
12.
Mengidentifikasi perbedaan ruang dan
waktu antara Bumi dan angkasa luar.
13.
Mendeskripsikan aspek ruang dan waktu di alam semesta.
14. Mengolah
informasi tentang pemanasan global.
15. Menuliskan
hal-hal yang telah diketahui dan ingin diketahui tentang angkasa luar.
16. Menyebutkan
penemuan Galileo Galilei.
17.
Menjelaskan dampak perkembangan
astronomi.
1.
Menjelaskan keterkaitan manusia
dengan lingkungan alam.
2.
Menjelaskan pengaruh globalisasi
terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
3.
Berdiskusi tentang manfaat potpourri dari beberapa aspek
1.
Menjelaskan pengaruh lembaga politik
dan pendidikan bagi masyarakat melalui sosok kepemimpinan yang baik.
2.
Menjelaskan pengaruh
lembaga politik dan sosial bagi masyarakat melalui program atau
kegiatannya.
|
6/1
dan 2
|
Kondisi
geografis Indonesia
Interaksi
Manusia dengan hewan dan tumbuhan
Pelestarian
hewan dan tumbuhan
Pelestarian
hewan dan tumbuhan
Sejarah
Proklamasi kemerdekaan Indonesia
Perjuangan
Jendral sudirman dalam mempertahankan kemerdekaan
Perjuangan
diplomasi
Kehidupan
bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan reformasi
Penemuan
Nicola Tesla
Penemuan
Roda
Pengaruh
listrik terhadap kehidupan masyarakat
sekitar
Perkembangan
Komputer
Berbagai
manfaat penemuan sederhana
Pengaruh
baterai pada kehidupan masyarakat sekitar
Masyarakat
Kampung Naga
Globalisasi
dan Pengaruhnya
Perbedaan
waktu dan pengaruhnya
Perbedaan
waktu dan pengaruhnya
Bumi
dan musimnya
Bumi,Matahari
dan Bulan
Tokoh
penjelajah angkasa luar
Ayo
belajar berwirausaha
|
ü Disajikan
gambar Negara Indonesia, Siswa dapat menentukan samudra yang mengapit wilayah
Negara Indonesia
ü Siswa
dapat menentukan keterkaitan ikan dengan kegiatan ekonomi manusia.
ü Disajikan
gambar gajah, siswa dapat menemukan keterkaitan manusia dengan kelestarian
hewan
ü Siswa
dapat menjelaskan manfaat tumbuhan bakau bagi kehidupan.
ü Siswa
dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi sebelum perumusan proklamasi
kemerdekaan Indonesia
ü Disajikan
gambar perjuangan sudirman siswa dapat menjelaskan perjuangan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
ü Siswa
dapat menyebutkan isi perjanjian roem-royen.
ü Siswa
dapat menjelaskan kehidupan bangsa
Indonesia pada masa orde baru
ü Siswa
dapat menjelaskan manfaat sungai bagi kehidupan
ü Siswa
dapat menyebutkan penemu roda
ü Disajikan
gambar aktivitas manusia sedang mengelas, siswa dapat menjelaskan manfaat
listrik
ü Siswa
dapat menyebutkan penemu komputer
ü Siswa
dapat menentukan manfaat penemuan sederhana bagi kehidupan manusia
ü Siswa
dapat menentukan pengaruh baterai pada lingkungan.
ü Siswa
dapat mengidentifikasi dampak positif globalisasi
ü Siswa
dapat menyebutkan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia
ü Siswa
dapat menjelaskan cara menyikapi dampak negatif globalisasi terhadap berbagai
aspek dalam kehidupan
ü Siswa
mampu menyebutkan jenis perkerjaan
dikaitkan dengan perbedaan waktu
ü Peserta
didik dapat mencari informasi pengaruh
perbedaan waktu di Indonesia dan dunia
ü Peserta
didik dapat menjelaskan keragaman wilayah di Indonesia di kaitkan dengan
perbedaan waktu
ü Peserta
didik dapat mengidentifikasi perbedaan
ruang dan waktu antara bumi dan luar angkasa
ü Siswa
mampu mendeskripsikan aspek ruang dan waktu di alam semesta
ü Siswa
dapat mengolah informasi tentang pemanasan global
ü Siswa
dapat menuliskan hal-hal yang telah diketahui tentang angkasa luar
ü Siswa
dapat menyebutkan penemuan Galileo Galilei
ü Siswa dapat menjelaskan dampak perkembangan
astronomi
ü Siswa
dapat menjelaskan keterkaiatan manusia dengan lingkungan alam
ü Siswa
dapat menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap berbagai aspek dalam
kehidupan
ü Siswa
dapat menjelaskan pengaruh lembaga politik dan pendidikan bagi masyakat
melalui sosok kepimpinan yang baik
ü Siswa
dapat menjelaskan pengaruh lembaga politik social bagi masyarakat
melaluiprogram atau kegiatannya.
ü Siswa
mampu menjelaskan tugas pemimpin lembaga politik dan manfaatnya bagi
masyarakat
ü Siswa
mampu menuliskan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolah
dan alasannya
ü Siswa
mampu menjelaskan lembaga ekonomi lain yang dapat mensejahtarakan rakyat
kegiatan yang dilakukan dan manfaatnya bagi rakyat dalamb bentuk tulisan
ü Siswa
mampu membandingkan pengaruh lembaga-lembaga politik,social,budaya,ekonomi dan
pendidikan melaluikepemimpinan
ü Siswa
mampu menjelaskan manfaat lembaga budaya bagi masyarakat
|
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
51
52
53
54
55
56
57
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar