Kamis, 17 Maret 2016

KISI-KISI SOAL UASBN SD/MI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Mata Pelajaran : IPS

KISI-KISI  SOAL UASBN  SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran        :  IPS                                                                                                  Bentuk Soal             : Pilihan Ganda
Penulis                      : 1. Surianto,S.Pd.                                                                          JumlahSoal              : 50  butir
  2. Nurwahidah,SP.                                              
  3. Hadi Mustafa,S.Pd.                                         
  4. Ahmad Sofikun,S.Pd.                         
  5. Muhammad Yamin                                          
  6. Rizal Taufiq                                                                                          

No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
(KD Permendikbud No. 37)

Indikator kompetensi dasar
Bahan kelas /smtr     
Kemampuan yang di ukur
( materi)
Indikator Soal B
Soal Nomor

3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan

-Mengidentifiksi hubungan dengan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari dengan jenis pekerjaan

IV

Tema 4






Jenis-jenis pekerjaan







ü  Di sajikan gambar Siswa dapat menyebutkan benda yang di hasil kan pada gambar menggarap sawah

ü  Siswa dapat menyebutkan contoh orang yang bekerja di bidang jasa


1



2

3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.3    Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya







3.4    Memahami kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar

3 .5   Memahami manusia     dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Menjelaskan sifat kepahlawanan raja-raja dari masa hindu, budha dan islam melalui lini masa





Mengidentifikasi kenampakan alam dan buatan.

-mampu menjelaskan kenampakan alam daratan dan
mamfaat bagi masyarakat

Menjelaskan mamfaat pajak

Menghubungkan suatu akibat dengan tindakan yang di lakukan





-Menyebutkan contoh intraksi manusia  dengan alam

Tema 5








IV/tema 2











Tema 8







Tema 3
Sifat-sifat kepahlawanan raja-raja dari masa hindu dan islam




Kenampakan  alam dan buatan









pajak








ü  siswa dapat mejelaskan sifat kepahlawan  Raja Mulawarman dalam membangun prasasti

ü  Siswa dapat menunjukan sikap kepahlawanan dengan menyanyikan lagu kebangsaan dengan khidmat
ü  Di sajikan gambar pantai, siswa dapat menunjukan  kenampakan alam berupa pantai

ü  Siswa dapat mejelaskan mamfaat dari dataran tinggi





ü  Siswa dapat menyebutkan jeni pajak kabupaten


ü  Siswa dapat meyebutkan mamfaat pajak


ü  Siswa dapat menjelaskan tindakan yang dapat merusak alam


ü  siswa dapat menyebutkan contoh intraksi manusia dengan alam

3




4


5




6






7



8



9




10


No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
KD Permendikbud No 57 Lamp.1
Indikator KD
Bahan kelas/Smstr
Kemampuan yang diukur /di ujikan   ( Materi )
Indikator Soal
Soal Nomor

3.1    Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional











Tema 1 3.1.1. Mengenal aktivitas kehidupan manusia  dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial,ekonomi,pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.


V/ 1







aktivitas kehidupan manusia  dan perubahannya




Di sajikan gambar  tertentu :
ü  Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan manusia yang menyebabkan perubahan alam
ü  Siswa dapat menjelaskan dampak negative kegiatan manusia yang menebang pohon


11



12



Tema 2 3.1.2.    Memahami pengertian dan makna perubahan dalam kehidupan masyarakat.


V/ 1




Memahami pengertian dan makna perubahan dalam kehidupan masyarakat.

Disajikan teks tertentu:
ü  Siswa dapat menjelaskan makna perubahan dalam kehidupan masyarakat


13



Tema 6 3.1.3. Mengenal aktifitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial,ekonomi ,pendidikan,dan budaya dalam lingkup nasional.
V/ 2
Mengenal aktifitas kehidupan manusia dan perubahannya


ü  Disajikan gambar kegiatan manusiayang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraannya.

14

3.2    Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya

Tema 7 3.2.1. Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang,  sosial,ekonomi,pendidikan,dan budaya pada masa penjajahan.


V/ 2

perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia









ü  Siswa dapat menjelaskan kehidupan bangsa Indonesia pada jaman penjajahan

ü  Siswa dapat menyebutkan dampak ekonomi bagi kehidupan masyarakat pada jaman penjajahan

ü  Siswa dapat menyebutkan dampak pendidikan bagi kehidupan masyarakat pada jaman penjajahan
ü   

ü  siswa dapat menyebutkan hasil budaya indonesia yang sudah mendunia.


15,



16


 17



18


3.3    Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia




Tema 4 3.3.1.Mengidentifikasi gejala alam yang sering terjadi yang berkaitan dengan kondisi geografis setempat.







V/ 1

gejala alam yang sering terjadi











ü  Siswa dapat menyebutkan gejala alam yang sering wilayah indonesia

ü  Siswa dapat menjelaskan daerah yang sering longsor.

ü  Siswa dapat menyebutkan akibat dari bencana  gejala alam.

ü  Siswa dapat menyebutkan salah satu cara menanggulangi bencana alam
19



20


21



22


3.4    Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan  fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam
masyarakat Indonesia

Tema 4 3.4.2. Mengenal bentuk,fungsi,dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat.




V/ 1
Mengenal bentuk,fungsi,dan peran lembaga budaya





Di sajikan teks dan gambar tertentu:
ü  Siswa dapat menjelaskan bentuk lembaga budaya yang ada di masyarakat.
ü  Siswa dapat menjelaskan fungsi,dan lembaga budaya yang ada di masyarakat.
ü  Siswa dapat menjelaskan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat.


23


24


25
1.




















2.





























3.












































































4.











5.
3.3. Memahami keterkaitan manusia dalam hubungannya  dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.















3.2. Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari Masa Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan awal Reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara.




















3.1. Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang,waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.















































































3.5. Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.









3.4. Menelaah manfaat
kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia.
1. Menjelaskan kondisi geografis  di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial dan budaya.

2. Mengaitkan manusia dalam hubungannya dengan hewan serta pengaruhnya bagi kehidupan.

3. Menemukan keterkaitan hubungan manusia dengan kelestarian  hewan dan tumbuhan.

4. Menjelaskan manfaat  melestarikan tumbuhan bagi masyarakat dan lingkungan.

1.   Menjelaskan melalui lini masa tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa persiapan proklamasi kemerdekaan.

2.   Menjelaskan perbedaan kehidupan masyarakat Indonesia di Masa Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dan di masa setelah kemerdekaan.
3.   Menjelaskan melalui garis waktu tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari Masa Perjuangan Diplomasi Mempertahankan Kemerdekaan
.
4.   Menggali informasi dari berbagai sumber tentang sebab dan akibat perubahan masyarakat pada Masa Orde Baru dan Reformasi.

1. Menjelaskan penemuan Nicola Tesla yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik.

2. Menjelaskan jasa Goodyear dan Dunlop bagi dunia.

3. Mampu menjelaskan pengaruh listrik terhadap kehidupan masyarakat di lingkungan sekitar.


4. Menjelaskan lini masa perkembangan komputer.

5. Menyebutkan keragaman penemuan dan pengaruhnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya

6. Menjelaskan perubahan kehidupan masyarakat dengan ditemukannya baterai.


7. Mengidentifikasi perubahan kehidupan manusia sebagai akibat positif dari globalisasi.

8. Menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan

9. Menjelaskan keragaman di Indonesia dikaitan dengan perbedaan waktu.

10.   Mencari  informasi pengaruh perbedaan waktu di Indonesia dan dunia.

11.   Menjelaskan keragaman wilayah di Indonesia.



12.   Mengidentifikasi perbedaan ruang dan waktu antara Bumi dan angkasa luar.




13.   Mendeskripsikan aspek     ruang dan waktu di alam semesta.

14.   Mengolah informasi tentang pemanasan global.




15.   Menuliskan hal-hal yang telah diketahui dan ingin diketahui tentang angkasa luar.

16.   Menyebutkan penemuan Galileo Galilei.

17.   Menjelaskan dampak perkembangan astronomi.


1. Menjelaskan keterkaitan manusia dengan lingkungan alam.

2. Menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
3. Berdiskusi tentang manfaat potpourri dari beberapa aspek

1. Menjelaskan pengaruh lembaga politik dan pendidikan bagi masyarakat melalui sosok kepemimpinan yang baik.

2. Menjelaskan  pengaruh  lembaga politik dan sosial bagi masyarakat melalui program atau kegiatannya.
6/1 dan 2
Kondisi geografis Indonesia




Interaksi Manusia dengan hewan dan tumbuhan

Pelestarian hewan dan tumbuhan


Pelestarian hewan dan tumbuhan


Sejarah Proklamasi kemerdekaan Indonesia




Perjuangan Jendral sudirman dalam mempertahankan kemerdekaan
Perjuangan diplomasi








Kehidupan bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan reformasi


Penemuan Nicola Tesla



Penemuan Roda


Pengaruh listrik  terhadap kehidupan masyarakat sekitar
Perkembangan Komputer


Berbagai manfaat penemuan sederhana




Pengaruh baterai pada kehidupan masyarakat sekitar

Masyarakat Kampung Naga











Globalisasi dan Pengaruhnya


Perbedaan waktu dan pengaruhnya



Perbedaan waktu dan pengaruhnya




Bumi dan musimnya



Bumi,Matahari dan Bulan











Tokoh penjelajah angkasa luar















Ayo belajar berwirausaha
ü  Disajikan gambar Negara Indonesia, Siswa dapat menentukan samudra yang mengapit wilayah Negara Indonesia


ü  Siswa dapat menentukan keterkaitan ikan dengan kegiatan ekonomi manusia.



ü  Disajikan gambar gajah, siswa dapat menemukan keterkaitan manusia dengan kelestarian hewan

ü  Siswa dapat menjelaskan manfaat tumbuhan bakau bagi kehidupan.


ü  Siswa dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi sebelum perumusan proklamasi kemerdekaan Indonesia



ü  Disajikan gambar perjuangan sudirman siswa dapat menjelaskan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia


ü  Siswa dapat menyebutkan isi perjanjian roem-royen.







ü  Siswa dapat menjelaskan  kehidupan bangsa Indonesia pada masa orde baru




ü  Siswa dapat menjelaskan manfaat sungai bagi kehidupan


ü  Siswa dapat menyebutkan  penemu roda


ü  Disajikan gambar aktivitas manusia sedang mengelas, siswa dapat menjelaskan manfaat listrik


ü  Siswa dapat menyebutkan penemu komputer


ü  Siswa dapat menentukan manfaat penemuan sederhana bagi kehidupan manusia




ü  Siswa dapat menentukan pengaruh baterai pada lingkungan.



ü  Siswa dapat mengidentifikasi dampak positif globalisasi











ü  Siswa dapat menyebutkan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan masyarakat  Indonesia

ü  Siswa dapat menjelaskan cara menyikapi dampak negatif globalisasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan

ü  Siswa mampu menyebutkan   jenis perkerjaan dikaitkan dengan  perbedaan waktu




ü  Peserta didik dapat mencari informasi  pengaruh perbedaan waktu di Indonesia dan dunia

ü  Peserta didik dapat menjelaskan keragaman wilayah di Indonesia di kaitkan dengan perbedaan waktu

ü  Peserta didik dapat  mengidentifikasi perbedaan ruang dan waktu antara bumi dan luar angkasa

ü  Siswa mampu mendeskripsikan aspek ruang dan waktu di alam semesta

ü  Siswa dapat mengolah informasi tentang pemanasan global

ü  Siswa dapat menuliskan hal-hal yang telah diketahui tentang angkasa luar

ü  Siswa dapat menyebutkan penemuan Galileo Galilei


ü  Siswa  dapat menjelaskan dampak perkembangan astronomi

ü  Siswa dapat menjelaskan keterkaiatan manusia dengan lingkungan alam

ü  Siswa dapat menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan

ü  Siswa dapat menjelaskan pengaruh lembaga politik dan pendidikan bagi masyakat melalui sosok kepimpinan yang baik

ü  Siswa dapat menjelaskan pengaruh lembaga politik social bagi masyarakat melaluiprogram atau kegiatannya.

ü  Siswa mampu menjelaskan tugas pemimpin lembaga politik dan manfaatnya bagi masyarakat

ü  Siswa mampu menuliskan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolah dan alasannya

ü  Siswa mampu menjelaskan lembaga ekonomi lain yang dapat mensejahtarakan rakyat kegiatan yang dilakukan dan manfaatnya bagi rakyat dalamb bentuk tulisan

ü  Siswa mampu membandingkan pengaruh lembaga-lembaga politik,social,budaya,ekonomi dan pendidikan melaluikepemimpinan

ü  Siswa mampu menjelaskan manfaat lembaga budaya bagi masyarakat
26






27





28




29




30







31







32








33







34




35



36





37



38







39





40













41




42





43






44




45





46




47




48



49



50





51



51




52





53





54




55





56







57








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI - KISI SOAL ( USBN ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

KISI - KISI SOAL <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=c...