KISI-KISI SOAL UASBN SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata
Pelajaran: IPS A
Penulis 1. Surianto, S.Pd 4. Ahmad Sofikun,S.Pd BentukSoal : Pilihan Ganda
2. Nurwahida,SP 5. Muhammad Yamin
3. Hadi Mustafa,S.Pd 6. Rizal Taufiq,S.Pd JumlahSoal : 50
butir
No.
|
Indikatorkisi-kisi
UASBN
(KD Permendikbud No. 37)
|
Indikator kompetensi dasar
|
Bahan kelas /smtr
|
Kemampuan yang di ukur
( materi)
|
IndikatorSoal
B
|
SoalNomor
|
|
3.1 Mengenal
manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan
keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2
Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah,
sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.3 Memahami manusia
dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.4 Memahami
kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya
di masyarakat sekitar
3 .5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
-Mengidentifiksi jenis-jenis pekerjaan serta hubungn
nya dengan kondisi geografis
Menjelaskan sifat kepahlawanan raja-raja dari masa
hindu, budha dan islam melalui lini masa
Mengidentifikasi kenampakan alam dan buatan.
-mampu menjelaskan kenampakan alam daratan
dan dampaknya bagi masyarakat
Menjelaskan mamfaat pajak
- Menghubungkan suatu akibat dengan tindakan yang di
lakukan
-Menyebutkan contoh intraksi manusia dengan alam
|
IV
Tema 4
Tema 5
IV/tema 2
Tema 8
Tema 3
|
Jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan kondisi
setempat
Sifat-sifat kepahlawanan raja-raja dari masa hindu dan
islam
Kenampakan alam
dan buatan
pajak
Interaksi manusi dengan alam
|
siswa dapat menyebutkan contoh hasil dari pengrajin kayu
siswa dapat menyebutkan
contoh pekerjaan jasa di bidang transportasi
Siswa dapat menjelaskan sifat kepahlawanan Sultan
Trenggono yang ditunjukkan
menyerang orang portugis di selat malaka.
Siswa dapat menjelaskan contoh sikap kepahlawanan yang
ditunjukkan oleh seorang pelajar.
Disajikan beberapa gambar kenampakan buatan, siswa
dapat menunjukan yang termasuk kenamapakan buatan
Siswa dapat menyebutkan pekerjaan
masyarakat yang tinggal di dataran rendah
Siswa dapat menyebutkan pajak yang paling banyak di
pungut oleh pemerintah daerah kabupaten
Siswa dapat menyebutkan contoh pembangunan yang di
biayai oleh pajak
siswa dapat
menyebutkan salah satu kegiatan pencemaran udara
siswa dapat
menyebutkan contoh intraksi manusia dengan alam
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
No
|
KD Permendikbud
no 57 lampiran 1
|
Indikator KD
|
Jlh
Soal/ Ind.
|
Bahan Kelas/
Semester
|
Kemampuan yang diukur /di ujikan
( Materi )
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
1
2.
3.
4.
5.
|
3.1
Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang,
konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam
kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
3.2
Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia
dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan
serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
3.3
Memahami manusia dalam hubungannya dengan
kondisi geografis di wilayah Indonesia
3.4
Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial,
ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
3.5 Memahami
manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
- Mengenal
aktivitas kehidupan manusia dan
perubahannya dalam ruang di bidang sosial,ekonomi, pendidikan dan budaya
dalam lingkup nasional.
- Memahami pengertian dan makna perubahan
dalam kehidupan masyarakat.
- Mengenal
aktifitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang
sosial,ekonomi ,pendidikan,dan budaya dalam lingkup nasional.
|
|
Kls V
Tema 1
Tema 2
Tema 6
|
·
Aktivitas kehidupan manusia dan
perubahannya
·
Makna perubahan dalam kehidupan masyarakat
·
Aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya.
|
Ø Siswa dapat menjelaskan aktivitas siswa di
sekolah.
Ø Siswa dapat
menentukan dampak buruk penggunaan
pestisida bagi manusia.
Ø Siswa dapat
menjelaskan ciri
masyarakat perkotaan
Ø Siswa dapat
menjelaskan kondisi
pendidikan pada masa penjajahan
|
11
12
13
14
|
- Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial,ekonomi,pendidikan,dan
budaya pada masa penjajahan.
|
|
Tema 7
|
·
Perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan.
|
- Siswa dapat
menyebutkan contoh perubahan budaya pada masyarakat kota
|
15
|
||
-.Mengidentifikasi gejala alam yang sering terjadi yang
berkaitan dengan kondisi geografis setempat.
- Mengidentifikasi kenampakan alam utama di berbagai
wilayah di Indonesia.
|
|
Tema 4
Tema 5
|
·
Gejala alam .
·
Kenampakan alam
|
-
Siswa
dapat
menentukan gejala alam yang sering terjadi di daerah setempat.
-
Disajikan tabel, Siswa dapat menetukan menentukan cara melestarikan lingkungan.
-
Disajikan beberapa gambar, Siswa dapat menentukan kenampakan alam utama yang ada
di Indonesia.
-
Disajikan beberapa gambar, Siswa dapat menentukan kenampakan alam
buatan yang ada di Indonesia
|
16
17
18
19
|
||
- Mengenal bentuk,fungsi,dan peran lembaga
budaya yang ada di masyarakat.
|
|
Tema 8
|
·
Bentuk, fungsi , dan peran lembaga budaya
|
-
Siswa dapat menyebutkan nama lembaga budaya yang ada di masyarakat.
-
Siswa dapat menjelaskan fungsi lembaga budaya yang ada di masyarakat.
-
Siswa dapat menjelaskan peran utama
lembaga budaya yang ada di masyarakat.
|
20
21
22
|
||
-
Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia
Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan
lingkungan alamnya.
|
|
Tema 9
|
·
Sifat dan karakteristik manusia Indonesia
|
-
Siswa dapat menjelaskan fungsi lingkungan hijau bagi manusia
-
Siswa dapat menjelaskan dampak dari lingkungan yang buruk bagi
manusia
-
Di sajikan tabel, siswa dapat
menentukan manfaat dari kegiatan
manjaga lingkungan
|
23
24
25
|
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan
kelas/Smstr
|
Indikator
Kompetensi
|
Kemampuan
yang diukur ( Materi )
|
Indikator
Soal
|
Soal
Nomor
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
3.3. Memahami keterkaitan manusia
dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.
3.2. Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya
perubahan masyarakat Indonesia dari Masa Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan
awal Reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara.
3.1. Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang,waktu,
perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat
Indonesia.
3.5. Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
3.4. Menelaah manfaat
kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan
masyarakat dan bangsa Indonesia.
|
6/1 dan 2
|
1. Menjelaskan
kondisi geografis di wilayah Indonesia
serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial dan budaya.
2. Mengaitkan
manusia dalam hubungannya dengan hewan serta pengaruhnya bagi kehidupan.
3. Menemukan
keterkaitan hubungan manusia dengan kelestarian hewan dan tumbuhan.
4. Menjelaskan
manfaat melestarikan tumbuhan bagi
masyarakat dan lingkungan.
1.Menjelaskan
melalui lini masa tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa
persiapan proklamasi kemerdekaan.
2.Menjelaskan
perbedaan kehidupan masyarakat Indonesia di Masa Perjuangan Mempertahankan
Kemerdekaan dan di masa setelah kemerdekaan.
3.Menjelaskan
melalui garis waktu tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari
Masa Perjuangan Diplomasi Mempertahankan Kemerdekaan.
4.Menggali
informasi dari berbagai sumber tentang sebab dan akibat perubahan masyarakat
pada Masa Orde Baru dan Reformasi.
1. Menjelaskan
penemuan Nicola Tesla yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik.
2. Menjelaskan
jasa Goodyear dan Dunlop bagi dunia.
3. Mampu
menjelaskan pengaruh listrik terhadap kehidupan masyarakat di lingkungan
sekitar.
4. Menjelaskan
lini masa perkembangan komputer.
5. Menyebutkan
keragaman penemuan dan pengaruhnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dalam
bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya.
6. Menjelaskan
perubahan kehidupan masyarakat dengan ditemukannya baterai.
7. Mengidentifikasi
perubahan kehidupan manusia sebagai akibat positif dari globalisasi.
8. Menjelaskan
pengaruh globalisasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
9. Menjelaskan
keragaman di Indonesia dikaitan dengan perbedaan waktu.
10.
Mencari informasi
pengaruh perbedaan waktu di Indonesia dan dunia.
11.
Menjelaskan keragaman wilayah di Indonesia.
12.
Mengidentifikasi perbedaan ruang dan waktu antara Bumi dan
angkasa luar.
13.
Mendeskripsikan aspek ruang
dan waktu di alam semesta.
14.
Mengolah informasi tentang pemanasan global.
15.
Menyebutkan penemuan Galileo Galilei.
16.
Menjelaskan dampak perkembangan astronomi.
1. Menjelaskan
pengaruh lembaga politik dan pendidikan bagi masyarakat melalui sosok
kepemimpinan yang baik.
|
Kondisi geografis Indonesia
Interaksi Manusia dengan hewan dan tumbuhan
Pelestarian hewan dan tumbuhan
Pelestarian hewan dan tumbuhan
Sejarah Proklamasi kemerdekaan Indonesia
Perjuangan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan
Perjuangan diplomasi
Kehidupan bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan reformasi
Penemuan Nicola Tesla
Penemuan Roda
Pengaruh listrik terhadap
kehidupan masyarakat sekitar
Perkembangan Komputer
Berbagai manfaat penemuan sederhana
Pengaruh baterai pada kehidupan masyarakat sekitar
Masyarakat Kampung Naga
Globalisasi dan Pengaruhnya
Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Globalisasi dan Pengaruhnya
Keragaman wilayah Indonesia
Bumi dan musimnya
Pemanasan global
Tokoh penjelajah angkasa luar
Dampak perkembangan astronomi
Kepemimpinan di sekitarku
|
·
Disajikan gambar Negara Indonesia, Siswa dapat menentukan benua
yang mengapit wilayah Negara Indonesia
·
Siswa dapat menentukan keterkaitan hewan sapi dengan kegiatan
budaya manusia.
·
Disajikan gambar hewan burung enggang, siswa dapat menemukan
keterkaitan manusia dengan kelestarian hewan
·
Siswa dapat menjelaskan manfaat tumbuhan bakau bagi kehidupan.
·
Siswa dapat menyebutkan tokoh perumusan teks proklamasi
kemerdekaan Indonesia
·
Disajikan gambar jendral sudirman, siswa dapat menentukan tokoh
perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
·
Siswa dapat menyebutkan isi perjanjian roem-royen.
· Siswa
dapat menjelaskan kehidupan bangsa Indonesia pada masa reformasi
· Siswa
dapat menjelaskan manfaat waduk bagi kehidupan
·
Siswa dapat menjelaskan jasa Dunlop dalam mengembangkan roda.
·
Disajikan gambar aktivitas manusia menggunakan laptop, siswa
dapat menjelaskan manfaat listrik.
·
Disajikan gambar perkembangan komputer, Siswa dapat menentukan
komputer yang pertama kali ditemukan.
·
Disajikan gambar jarum jahit, siswa dapat menyebutkan pengaruh
penemuan bagi kehidupan manusia
· Siswa dapat menentukan nama
alat sumber listrik yang praktis dan mudah dibawa saat perjalanan jauh.
· Siswa
dapat mengidentifikasi dampak negatif globalisasi
Siswa dapat menyebutkan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan
masyarakat Indonesia
Siswa dapat menjelaskan cara menyikapi dampak negatif
globalisasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
Siswa mampu menjelaskan waktu melakukan pekerjaan dikaitkan
dengan perbedaan waktu.di indonesia
Siswa dapat menjelaskan pengaruh perbedaan waktu antara Inggris
dan Indonesia
Siswa dapat menyebutkan contoh wilayah daratan .
Peserta didik dapat mengidentifikasi
perbedaan ruang dan waktu antara bumi dan luar angkasa
Siswa dapat menyebutkan salah satu
penyebab terjadinya pemanasan global
Siswa dapat menyebutkan penemuan Galileo Galilei
Siswa
dapat menjelaskan dampak perkembangan astronomi
Siswa dapat menyebutkan nilai-nilai
kepimpinan yang baik
|
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar