Kamis, 17 Maret 2016

KISI-KISI SOAL UASBN SD/MI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Mata Pelajaran: IPS A

KISI-KISI SOAL UASBN  SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran:  IPS A
Penulis              1. Surianto, S.Pd                 4. Ahmad Sofikun,S.Pd                                                                                                                                  BentukSoal   :     Pilihan Ganda
                           2. Nurwahida,SP                   5. Muhammad Yamin
                             3. Hadi Mustafa,S.Pd        6. Rizal Taufiq,S.Pd                                                                                                                                        JumlahSoal   :      50   butir

No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
(KD Permendikbud No. 37)

Indikator kompetensi dasar
Bahan kelas /smtr     
Kemampuan yang di ukur
( materi)
IndikatorSoal
 B
SoalNomor

3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2              Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan



3.3       Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya



3.4  Memahami kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar













3 .5   Memahami manusia     dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

-Mengidentifiksi jenis-jenis pekerjaan serta hubungn nya dengan kondisi geografis


Menjelaskan sifat kepahlawanan raja-raja dari masa hindu, budha dan islam melalui lini masa











Mengidentifikasi kenampakan alam dan buatan.



-mampu menjelaskan kenampakan alam daratan dan dampaknya bagi masyarakat



Menjelaskan mamfaat pajak
















- Menghubungkan suatu akibat dengan tindakan yang di lakukan
-Menyebutkan contoh intraksi manusia  dengan alam
IV

Tema 4



Tema 5













IV/tema 2










Tema 8
















Tema 3

Jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan kondisi setempat






Sifat-sifat kepahlawanan raja-raja dari masa hindu dan islam








Kenampakan  alam dan buatan










pajak

















Interaksi manusi dengan alam
siswa dapat menyebutkan contoh hasil dari pengrajin kayu


siswa dapat menyebutkan  contoh pekerjaan jasa di bidang transportasi




Siswa dapat menjelaskan sifat kepahlawanan Sultan Trenggono yang ditunjukkan menyerang orang portugis di selat malaka.

Siswa dapat menjelaskan contoh sikap kepahlawanan yang ditunjukkan oleh seorang pelajar.


Disajikan beberapa gambar kenampakan buatan, siswa dapat menunjukan yang termasuk kenamapakan buatan


 Siswa dapat menyebutkan pekerjaan masyarakat yang tinggal di dataran rendah




Siswa dapat menyebutkan pajak yang paling banyak di pungut oleh pemerintah daerah kabupaten


Siswa dapat menyebutkan contoh pembangunan yang di biayai oleh pajak







 siswa dapat menyebutkan  salah satu kegiatan  pencemaran udara


 siswa dapat menyebutkan contoh intraksi manusia dengan alam

1




2





3




4



5




6





7




8








9




10




No
KD Permendikbud no 57 lampiran 1
Indikator  KD
Jlh  Soal/ Ind.
Bahan Kelas/ Semester
Kemampuan yang diukur /di ujikan   ( Materi )
Indikator Soal
No Soal
1




















2.












3.

























4.















5.





3.1        Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional







3.2        Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya

3.3        Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia












3.4        Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan  fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia





3.5  Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
 -  Mengenal aktivitas kehidupan manusia  dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial,ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.

-  Memahami pengertian dan makna perubahan dalam kehidupan masyarakat.
 -  Mengenal aktifitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial,ekonomi ,pendidikan,dan budaya dalam lingkup nasional.


Kls V

Tema 1






Tema 2




Tema 6
·         Aktivitas kehidupan manusia  dan perubahannya


·         Makna perubahan dalam kehidupan masyarakat

·         Aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya. 




Ø  Siswa dapat menjelaskan aktivitas siswa di sekolah.


Ø  Siswa dapat menentukan dampak buruk penggunaan  pestisida bagi manusia.

Ø  Siswa dapat menjelaskan ciri masyarakat perkotaan

Ø  Siswa dapat menjelaskan kondisi pendidikan pada masa penjajahan
11



12



13




14

 - Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial,ekonomi,pendidikan,dan budaya pada masa penjajahan.



Tema 7

·         Perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia   pada masa penjajahan.


-       Siswa dapat menyebutkan contoh perubahan budaya pada masyarakat kota

15







 -.Mengidentifikasi gejala alam yang sering terjadi yang berkaitan dengan kondisi geografis setempat.



 - Mengidentifikasi kenampakan alam utama di berbagai wilayah di Indonesia.








Tema 4










Tema 5


·         Gejala alam  .





·         Kenampakan alam 





-       Siswa dapat menentukan gejala alam yang sering terjadi di daerah setempat.

-       Disajikan tabel, Siswa dapat menetukan menentukan cara melestarikan lingkungan.


-       Disajikan beberapa gambar,  Siswa dapat menentukan kenampakan alam utama yang ada di Indonesia.

-       Disajikan beberapa gambar, Siswa dapat menentukan kenampakan alam buatan yang ada di Indonesia


16



17






18



19

-  Mengenal bentuk,fungsi,dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat.







Tema 8
·         Bentuk, fungsi , dan peran lembaga budaya




-        Siswa dapat menyebutkan nama lembaga budaya yang ada di masyarakat.

-        Siswa dapat menjelaskan fungsi lembaga budaya yang ada di masyarakat.

-        Siswa dapat menjelaskan peran utama lembaga budaya yang ada di masyarakat.



20


21




22
-          Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan alamnya.

Tema 9
·         Sifat dan karakteristik manusia Indonesia 
-          Siswa dapat menjelaskan fungsi lingkungan hijau bagi manusia

-          Siswa dapat menjelaskan dampak dari lingkungan yang buruk bagi manusia

-          Di sajikan tabel,  siswa dapat menentukan manfaat dari  kegiatan manjaga lingkungan
23


24



25











No.
Kompetensi Dasar
Bahan kelas/Smstr
Indikator Kompetensi
Kemampuan yang diukur                ( Materi )
Indikator Soal
Soal Nomor
1.
















2.




















3.













































4.








5.
3.3. Memahami keterkaitan manusia dalam hubungannya  dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.












3.2. Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari Masa Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan awal Reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara.














3.1. Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang,waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.







































3.5. Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.






3.4. Menelaah manfaat
kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia.
6/1 dan 2
1. Menjelaskan kondisi geografis  di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial dan budaya.
2. Mengaitkan manusia dalam hubungannya dengan hewan serta pengaruhnya bagi kehidupan.
3. Menemukan keterkaitan hubungan manusia dengan kelestarian  hewan dan tumbuhan.
4. Menjelaskan manfaat  melestarikan tumbuhan bagi masyarakat dan lingkungan.





1.Menjelaskan melalui lini masa tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa persiapan proklamasi kemerdekaan.
2.Menjelaskan perbedaan kehidupan masyarakat Indonesia di Masa Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dan di masa setelah kemerdekaan.
3.Menjelaskan melalui garis waktu tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari Masa Perjuangan Diplomasi Mempertahankan Kemerdekaan.
4.Menggali informasi dari berbagai sumber tentang sebab dan akibat perubahan masyarakat pada Masa Orde Baru dan Reformasi.
1.  Menjelaskan penemuan Nicola Tesla yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik.
2.  Menjelaskan jasa Goodyear dan Dunlop bagi dunia.
3.  Mampu menjelaskan pengaruh listrik terhadap kehidupan masyarakat di lingkungan sekitar.

4.  Menjelaskan lini masa perkembangan komputer.

5.  Menyebutkan keragaman penemuan dan pengaruhnya bagi keberlanjutan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya.
6.  Menjelaskan perubahan kehidupan masyarakat dengan ditemukannya baterai.
7.  Mengidentifikasi perubahan kehidupan manusia sebagai akibat positif dari globalisasi.

8.  Menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
9.  Menjelaskan keragaman di Indonesia dikaitan dengan perbedaan waktu.

10.              Mencari  informasi pengaruh perbedaan waktu di Indonesia dan dunia.
11.              Menjelaskan keragaman wilayah di Indonesia.

12.              Mengidentifikasi perbedaan ruang dan waktu antara Bumi dan angkasa luar.

13.    Mendeskripsikan aspek   ruang dan waktu di alam semesta.

14.    Mengolah informasi tentang pemanasan global.

15.    Menyebutkan penemuan Galileo Galilei.

16.    Menjelaskan dampak perkembangan astronomi.

1.  Menjelaskan pengaruh lembaga politik dan pendidikan bagi masyarakat melalui sosok kepemimpinan yang baik.
Kondisi geografis Indonesia




Interaksi Manusia dengan hewan dan tumbuhan



Pelestarian hewan dan tumbuhan



Pelestarian hewan dan tumbuhan

Sejarah Proklamasi kemerdekaan Indonesia


Perjuangan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan


Perjuangan diplomasi




Kehidupan bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan reformasi



Penemuan Nicola Tesla


Penemuan Roda


Pengaruh listrik  terhadap kehidupan masyarakat sekitar


Perkembangan Komputer


Berbagai manfaat penemuan sederhana




Pengaruh baterai pada kehidupan masyarakat sekitar


Masyarakat Kampung Naga


Globalisasi dan Pengaruhnya


Perbedaan waktu dan pengaruhnya


Perbedaan waktu dan pengaruhnya

Globalisasi dan Pengaruhnya



Keragaman wilayah Indonesia



Bumi dan musimnya


Pemanasan global


Tokoh penjelajah angkasa luar


Dampak perkembangan astronomi

Kepemimpinan di sekitarku
·      Disajikan gambar Negara Indonesia, Siswa dapat menentukan benua yang mengapit wilayah Negara Indonesia
·      Siswa dapat menentukan keterkaitan hewan sapi dengan kegiatan budaya manusia.

·      Disajikan gambar hewan burung enggang, siswa dapat menemukan keterkaitan manusia dengan kelestarian hewan


·      Siswa dapat menjelaskan manfaat tumbuhan bakau bagi kehidupan.

·      Siswa dapat menyebutkan tokoh perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia
·      Disajikan gambar jendral sudirman, siswa dapat menentukan tokoh perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

·      Siswa dapat menyebutkan isi perjanjian roem-royen.



·      Siswa dapat menjelaskan kehidupan bangsa Indonesia pada masa reformasi



·      Siswa dapat menjelaskan manfaat waduk bagi kehidupan

·      Siswa dapat menjelaskan jasa Dunlop dalam mengembangkan roda.
·      Disajikan gambar aktivitas manusia menggunakan laptop, siswa dapat menjelaskan manfaat listrik.
·      Disajikan gambar perkembangan komputer, Siswa dapat menentukan komputer yang pertama kali ditemukan.
·      Disajikan gambar jarum jahit, siswa dapat menyebutkan pengaruh penemuan bagi kehidupan manusia


·      Siswa dapat menentukan nama alat sumber listrik yang praktis dan mudah dibawa saat perjalanan jauh.

·      Siswa dapat mengidentifikasi dampak negatif globalisasi

Siswa dapat menyebutkan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan masyarakat  Indonesia
Siswa dapat menjelaskan cara menyikapi dampak negatif globalisasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan

Siswa mampu menjelaskan  waktu melakukan pekerjaan dikaitkan dengan  perbedaan waktu.di indonesia

Siswa dapat menjelaskan    pengaruh perbedaan waktu antara Inggris dan Indonesia
Siswa dapat menyebutkan contoh  wilayah daratan .


Peserta didik dapat  mengidentifikasi perbedaan ruang dan waktu antara bumi dan luar angkasa
Siswa dapat menyebutkan salah satu penyebab terjadinya  pemanasan global

Siswa dapat menyebutkan penemuan Galileo Galilei

Siswa  dapat menjelaskan dampak perkembangan astronomi

Siswa dapat menyebutkan nilai-nilai kepimpinan yang baik
26




27



28





29



30


31




32




33





34



35


36



37



38




39



40


41


42



43



44


45



46


47


48


49


50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI - KISI SOAL ( USBN ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

KISI - KISI SOAL <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=c...