KISI-KISI
SOAL UASBN SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Penulis 1. ROIDA TAMBA,S.S BentukSoal
: PilihanGanda
2. NUR HAOLAH, S.Pd JumlahSoal
: 50 butir
3. KOTIJAH, S.Pd
4. ROHIM, S.Pd
5. HARIATI, S.Pd
No.
|
Indikatorkisi-kisi UASBN
|
Bahankelas/Smstr
|
Kemampuanyang diukur(Materi)
|
IndikatorSoal
|
SoalNomor
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
Menentukankalimatutamaparagraftentangmakhlukhidupataulingkungan
Menentukanide pokokparagraph
Menentukansimpulanparagraph
Menentukanpernyataansesuaiisiparagraph
Menentukankalimattanyasesuaiisiparagraph
Menjawabpertanyaansesuaiisibacaandengankatatanya:
bagaimana
mengapa
Mengambilinformasidariisitekssederhanauntukmelengkapitable
Memaknaikata/istilahdalamparagraph
Menentukanantoni/sinonimdalamkalimat
Menetukantopiktekspercakapan
Menentukankalimatsesuaiisiiklan
Menentukanisiparagraflaporan
Menanggapiisiparagrafinstruksi
Menentukanpernyataansesuaidenganisitekspenjelasan(teksprosedur)
Menentukanisipidato
Mengidentifikasijenis-jenisparagraph
Menentukanpersamaan/perbedaanisiteks
Menentukanpesanpantun.
Menjawabbacaansesuaiisiceritadengan
kata Tanya bagaimanadanmengapa
Menentukanwataktokohcerita
Menentukanamanatcerita
Menentukanlatarcerita
Menentukantemacerita
Menentukanketeladanantokohcerita
Menentukankesimpulancerita
Menentukanmaksudsyair
· Menentukanmakna
kata kias/syair
·Melengkapiteks percakapan
Menyusunkalimatkalimatpetunjukpenggunaansesuatu
· Melengkapitekspetunjukmelakukansesuatu
· Menyusunkalimat-kalimatcaramembuatsesuatu
· Melengkapiparagrafdengankalimat
Melengkapipantun
Melengkapiparagraf
dengankata bakutentanghematenergy
Menyusunkalimat-kalimat menjadi paragraphpadu
Menyusunkalimatiklanyangefektifsesuaidengangambar
Melengkapiparagraflaporandengan kalimat
Mendiskripsikangambarmahlukhidup/lingkungan
Menyusunkalimat-kalimathasilpengamatanmenjadiparagraflaporan
Melengkapitekspidatopersuasifdengankalimat
Menggunakanungkapandalamkalimat
Menyusunkalimat-kalimatmenjadiparagrafnarasi
Menyusunkalimat-kalimatmenjadiparagrafdeskripsi
Menggunakanejaansesuaikaidah
Menggunakantandabacasesuaikaidah
Memperbaikikesalahanejaanpadakalimat
Memperbaikikesalahantandabacapadakalimat
Memperbaikipenulisan/penggunaanistilah
kata
Memperbaikipenggunaan
kata berimbuhanpadakalimat
Memperbaikitatakalimatpadaparagraf
|
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
5
4,5,6
6
5,6
6
6
5,6
4,5
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
5
5
4,5,6
6
6
5,6
4,5,6
4,5
4,5,6
4,5,6
5
4,5,6
5,6
4,5,6
6
6
6
6
4,5,6
4,5,6
4,5,6
5,6
5,6
4,5,6
5,6
|
Kalimatutamaparagraf
Paragraf
Paragraf
KalimatTanya
Kalimattanya
Tekssederhana
Makna kata
Makna kata
Percakapanatau dialog
Iklan
Teks laporan
Teks paragraf
instruksi
Teks penjelasan
pidato
Paragraf
Dua teks bacaan
Pantun
Kata tanya
Cerita
Kesimpulan cerita
Syair
Syair
Teks percakapan
Kalimat
Tekspetunjuk
Kalimat acak
Paragraf
Pantun
Kata baku
Kalimat acak
kalimat iklan
paragraf laporan
Kalimat laporan
Teks pidato
Kalimat
Paragraf
Paragraf
Paragraf
Paragraf
Paragraf
Paragraf
Paragraf
Kalimat
paragraf
|
Disajikan teks
bacaan non sastra 3-4 paragraf siswa
dapat :menentukan kalimat utama salah satu paragraf
-
menentukan ide
pokok salah satu paragraf
-
menentukan
simpulan salah satu paragraf
menentukan
pernyataan yang sesuai dengan salah
satu isi paragraf
menentukankalimattanya yang
sesuaiparagraf
menjawab pertanyaan dengan kata tanya (bagaimanaatau
mengapa)
Disajikansebuahtekssederhanasiswadapatmelengkapitabelberdasarkantekssederhanatersebut
Disajikansebuahparagrafsiswadapatmenentukanmakna
kata/istilahdalamparagraph
Siswadapatmenentukanantonim/sinonimdalamkalimat
Disajikantekspercakapansiswadapatmenentukantopikpercakapan
Disajikan gambar iklan,siswa dapat menetukan kalimat
yang sesuai dengan gambar iklan yang disediakan
Disajikan cuplikan teks laporan hasil pengamatan, siswa
dapat menentukan isi dari laporan
Disajikan cuplikan paragraf instuksi, siswa dapat
memberikan tanggapan berdasarkan laporan instruksi tersebut
Disajikan teks penjelasan, siswa dapat menentukan
pernyataan yang sesuai dari teks penjelasan
Disajikan penggalan
pidato, siswa dapat menentukan isi pidato
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menetukan jenis
paragraf tersebut
Disajikan dua teks bacaan yang berbeda , siswa dapat
menentukan persamaan atau perbedaan dari dua teks tersebut
Disajikan sebuah pantun, siswa dapat pesan yang
terdapat pada pantun tersebut.
Disajikancerita,
siswadapatmenjawabpertanyaandengan kata Tanya apadanbagaimana
Menentukanwataktokohcerita
Siswadapatmenentukanamanatcerita
siswadapatmenentukanlatarcerita
siswadapatmenentukan temacerita
Siswadapatmenentukanketeladanantokohdalamcerita
Siswadapatmenentukankesimpulandarisebuahcerita
Siswadapatmenentukanmaksudsyair
Siswadapatmenentukanmakna kata
kias/syair
Disajikan cuplikan percakapan yang rumpang, siswa dapat melengkapi
paragraf tersebut dengan kalimat yang tepat.
Disajikan cuplikan petunjuk penggunaan sesuatu secara
acak. Siswa dapat menyusun petunjuk penggunaan sesuatu secara berurutan.
Siswadapatmelengkapitekspetunjukmelakukansesuatu
Di sajikan kalimat yang acak Siswa Dapaat Menyusun
kalimat cara membuat sesuatu.
Di Sajikan paragraf yang rumpang Siswa dapat Melengkapi
Suatu paragraf dengan kalimat.
DiSajikan pantun yang rumpang Siswa Dapat melengkapi
sebuah pantun.
Di Sajikan Paragraf yang rumpang Siswa dapat Melengkapi
paragraf dengan kata baku tentang hemat energi.
Menyajikan kalimat
yang acak, Siswa dapat menyusun kalimat menjadi kalimat padu.
Di sajikan sebuah gambar iklan,Siswa dapat menyusun
kalimat iklan yang efektif berdasarkan gambar.
Di Sajikan sebuah laporan dengan paragraf yang
rumpang,Siswa dapat melengkapi paragraf laporan dengan kalimat
Di Sajikan gambar Makluk hidup , Siswa dapat
mendiskrisipsikan gambar makluk hidup / lingkungan
Di sajikan cuplikan pengamatanSiswa dapat menyusun
kalimat laporan
Di Sajikan teks pidato persuasif yang rumpang Siswa dapat melengkapi teks pidato
persuasif dengan kalimat
Siswadapatmenentukanpenggunaanungkapandalamsebuahkalimatdenganbenar
Disajikankalimatacak,
siswadapatmenyusunnyamenjadisebuahparargrafnarasi yang padu.
Disajikankalimatacak
,siswadapatmenyusunnyamenjadisebuahpargrafdeskripsi yang padu.
Disajikansebuahparagraf,
siswadapatmenentukankalimat yang menggunakanejaan yang sesuaikaidah.
Disajikansebuah paragraph,
siswadapatmenentukanpenggunaantandabaca yang benar.
Disajikansebuahparagraph
,siswadapatmemperbaikiejaan yang salahpada paragraph tersebut.
Disajikasebuah paragraph,
siswadapatmemperbaikikesalahantandabacapadakalimattersebutdenganbenar.
Disajikansebuah paragraph,
siswadapatmemperbaikipenggunaanistilah kata tersebutdenganbenar .
Disajikansebuahkalimat,
siswadapatmemperbaikipenggunaan kata berimbuhanpadakalimatdenganbenar.
Disajikansebuahparagraf,
siswadapatmenentukantatakalimat yang benardalam paragraph tersebut
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar