KISI-KISI SOAL UASBN SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN
2015/2016
Mata Pelajaran : Matematika BentukSoal
:PilihanGanda
Penulis : 1. Samuji, S.Pd JumlahSoal :
40 butir
2. WindaNurAndini, S.Pd
3.Suhaemi, S.Pd
4. Ruth Kristianti, S.Pd
5.AmimunNasih, S.Pd
6.DedySubsanto, S.Pd
No.
|
Indikatorkisi-kisi
UASBN
|
Bahankelas/Smstr
|
Kemampuan
yang diukur
( Materi )
|
IndikatorSoal
|
SoalNomor
|
1
|
Menentukanhasiloperasipenjumlahandanpenguranganbilangancacah(minimal tigaangka).
|
IV
|
OperasiHitungBilangan
|
Siswa dapat menentukanhasiloperasipenjumlahandanpenguranganbilangancacah dengan
tepat
|
1
|
2
|
Menentukanhasiloperasiperkaliandan
pembagianpadabilangancacahatausebaliknya.
|
IV
|
OperasiHitungBilangan
|
Siswa dapat menentukanhasiloperasiperkaliandanpembagianpadabilangancacahdengan tepat.
|
2
|
3
|
Menentukanhasiloperasihitung
penjumlahandanpenguranganbilanganbulat(positifdannegatif)
|
IV
|
OperasiHitungBilangan
|
Siswa dapat menentukanhasiloperashitungPenjumlahandanpenguranganbilanganbulat dengan tepat
|
3
|
4
|
Menentukanhasiloperasihitung
perkaliandanpembagianbilanganbulat(positifdannegatif)
|
IV
|
OperasiHitungBilangan
|
Siswa dapat menentukanhasiloperasihitung
Perkaliandanpembagianbilanganbulat dengan tepat
|
4
|
5
|
MenentukanFPB atauKPKdaritigabilangan duaangkadalambentukfaktorisasi.
|
IV
|
FPB
dan KPK
|
Siswa dapat MenentukanFPB atauKPKdaritigabilangan duaangkadalambentukfaktorisasi.
|
5
|
6
|
MenentukanFPB atauKPKdaritigabilanganduaangka.
|
IV
|
FPB
dan KPK
|
Siswa dapat menentukanFPB atauKPKdaritigabilanganduaangkadengan tepat
|
6
|
7
|
Menyelesaikanmasalahpenalaranyang berkaitandenganFPB atauKPK.
|
IV
|
FPB
dan KPK
|
Siswa dapat menyelesaikanmasalahpenalaranyang
berkaitandenganFPB atauKPKdengantepat
|
7
|
8
|
Menghitungoperasibilangansuatubilanganpangkat
|
V
|
PangkatdanAkarBilangan
|
Siswadapatmenentukanhasiloperasihitungpenjumlahandanpenguranganbilanganpangkatduadengantepat
|
8
|
9
|
Menentukanperhitunganbilangan
perpangkatantiga
|
V
|
PangkatdanAkarBilangan
|
Siswadapatmenentukanhasiloperasihitungpenjumlahanataupenguranganbilanganpangkattigadengantepat
|
9
|
10
|
Menghitungoperasibilangansuatubilanganakar
|
V
|
PangkatdanAkarBilangan
|
Siswadapatmenentukanhasiloperasihitungperkaliandanpembagianbilanganakarpangkatduadengantepat
|
10
|
11
|
Menentukanhasilakarpangkattiga
|
V
|
PangkatdanAkarBilangan
|
Siswadapatmenentukanhasilakarpangkattigadarisuatubilangandengantepat
|
11
|
12
|
Mengurutkanberbagaibentukpecahan
|
V
|
Pecahan
|
Siswadapatmengurutkanberbagaibentukpecahan
(pecahanbiasa, pecahancampuran, desimal, danpersen)dari yang
terkecilketerbesar, atausebaliknyadengantepat
|
12
|
13
|
Menentukanhasiloperasipenjumlahanataupenguranganbilanganpecahan
|
VI
|
Pecahan
|
Siswadapatmenentukanhasiloperasipenjumlahanataupenguranganbilanganpecahandenganbenar
|
13
|
14
|
Menentukanhasiloperasiperkalianataupembagianbilanganpecahan
|
VI
|
Pecahan
|
Siswadapatmenentukanhasiloperasiperkalianataupembagianbilanganpecahandenganbenar
|
14
|
15
|
Menyelesaikanmasalahtentangperbandingansenilaiyang bertemamakhlukhidup.
|
VI
|
Pecahan
|
Disajikasoalcerita, Siswadapatmenyelesaikanmasalahtentangperbandinganjikadiketahuiselisihnya.
|
15
|
16
|
Menyelesaikansoaltentangskalayang
berkaitandengantemamakhlukhidup.
|
V
|
Pecahan
|
Disajikansoalcerita, siswadapatmenentukanhasilyang berkaitandenganskalajikajarakpadadenahdiketahui.
|
16
|
17
|
Menyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuanpanjangyangberbeda.
|
V
|
SatuanUkuran
|
Disajikansoalcerita,
siswadapatmenentukanhasilpenguranganyang
berkaitandengankonversisatuanmeter.
|
17
|
18
|
Menyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuanberatyang
berbeda.
|
V
|
SatuanUkuran
|
Disajikansoalcerita, siswadapatmenyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuanberatdalam
kilogram.
|
18
|
19
|
Menyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuanwaktuyang berbeda.
|
V
|
SatuanUkuran
|
Siswadapatmenyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuanwaktudalammenit
|
19
|
20
|
Menyelesaikansoalyangberkaitandengan
operasihitungkonversisatuankuantitasyangberbeda.
|
V
|
SatuanUkuran
|
20
|
|
21
|
Menyelesaikansoalyangberkaitandengan
operasihitungkonversisatuanvolume
yangberbeda.
|
V
|
SatuanUkuran
|
Siswadapatmenyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuan volume.
|
21
|
22
|
Menyelesaikansoalyangberkaitandenganjarak,waktu,dankecepatan.
|
V
|
SatuanUkuran
|
Siswadapatmenentukankecepatan
rata-rata jikadiketahuijarak yang ditempuhdanwaktutempuhdengantepat
|
22
|
23
|
Menentukanbangundatarberdasarkansifatnya.
|
VI
|
SifatdanUnsurBangunDatar
(Segitiga, Segiempat, danLingkaran)
|
Disajikansifat-sifatbangundatar,
siswadapatmenentukanbangundatar yang dimaksud.
|
23
|
24
|
Menentukankesebangunanpadabangundatar.
|
VI
|
SifatdanUnsurBangunDatar
(Segitiga, Segiempat, danLingkaran)
|
Disajikangambarbeberapabangundatar,
siswadapatmenentukanpasangangambarbangundatar yang sebangun.
|
24
|
25
|
Menentukanluassegitigaatausegiempat
|
IV
|
SifatdanUnsurBangunDatar
(Segitiga, Segiempat, danLingkaran)
|
Siswadapatmenentukanluassegitigajikadiketahuiukurantinggidanalasnyadengantepat
|
25
|
26
|
Menentukanluaslingkaran.
|
V
|
SifatdanUnsurBangunDatar
(Segitiga, Segiempat, danLingkaran)
|
Siswadapatmenentukanluaslingkaranjikadiketahuijari-jarinya.
|
26
|
27
|
Menentukanluasataukelilinggabunganduabangundatar
|
VI
|
SifatdanUnsurBangunDatar
(Segitiga, Segiempat, danLingkaran)
|
Disajikangambargabunganduabangundatar
, siswadapatmenentukanluasnyadengantepat
|
27
|
28
|
Menentukanbangunruangberdasarkansifatnya.
|
VI
|
SifatdanUnsurBangunRuang
(Kubus, Balok, danTabung)
|
Disajikansifat-sifatbangunruang,
siswadapatmenentukanbangunruang yang dimaksud
|
28
|
29
|
Menentukanvolumetabung.
|
VI
|
SifatdanUnsurBangunRuang
(Kubus, Balok, danTabung)
|
Disajikan gambar tabungbesertaukurannya, siswa dapat
menentukan volumenya dengan tepat
|
29
|
30
|
Menentukanjaring-jaringdarisalahsatubangunruang.
|
VI
|
SifatdanUnsurBangunRuang
(Kubus, Balok, danTabung)
|
Disajikan gambar sebuah bangun
ruang, siswa dapat menentukan jaring-jaring dari bangun ruang tersebut dengan
benar
|
30
|
31
|
Menyelesaikansoalceritayangberkaitandenganbangunruang.
|
VI
|
SifatdanUnsurBangunRuang
(Kubus, Balok, danTabung)
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun
ruang.
|
31
|
32
|
Menentukanletaktitikkoodinat
|
V
|
BidangdanLetakKoordinat
|
Disajikan gambar koordinat cartesius,
siswa dapat menentukan posisi titik pada koordinat
yang ditentukan dengan benar
|
32
|
33
|
Menentukanbanyaknyasumbusimetripadasalahsatubangundatar.
|
VI
|
SimetridanPencerminan
|
Disajikan gambar bangun datar, siswa dapat
menentukan banyaknya sumbu simetri pada bangun datar tersebut dengan benar
|
33
|
34
|
Menentukanhasilpencerminanbangundatar
|
VI
|
SimetridanPencerminan
|
Disajikan gambarsebuahbangundatar,
siswa dapat menentukan hasil pencerminan bangun
datar tersebutdenganbenar
|
34
|
35
|
Menyajikandatadalambentuktabel.
|
VI
|
MengumpulkandanMengolah
data
|
Disajikan sebuahdata nilai ulangan, siswa dapat menyajikan data tersebut
dalam bentuk tabel denganbenar
|
35
|
36
|
Menentukandiagrambatangdaridata
yangdisajikandalambentuktabel.
|
VI
|
Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandengan data
|
Siswadapatmenentukandiagrambatangyang tepatdari data yang disajikandalambentuktabel
|
36
|
37
|
Membacadata yang
disajikandalambentukdiagramlingkaran
|
VI
|
Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandengan data
|
Siswadapatmenentukansalahsatuunsurdarisebuah data yang disajikandalambentukdiagramlingkaran
|
37
|
38
|
Menentukanrata-rata
hitungdaridata yang
disajikandalambentukdiagram, tabel,ataudataacak
|
VI
|
Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandengan data
|
Siswadapatmenentukannilai rata-rata
darisekumpulan data (rentangbanyak data 6 – 10 )
|
38
|
39
|
Menentukanmodus daridata
yang disajikandalambentukdiagram, tabel, ataudataacak.
|
VI
|
Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandengan data
|
Siswadapatmenentukannilaimodusdari
data yang disajikandalambentukdiagram,
tabel, atau data acak
|
39
|
40
|
Menentukanmedian (datatengah)dari
datayangdiberikan
|
VI
|
Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandengan data
|
Siswadapatmenentukannilaimediandarisekumpulan datatunggalyangdisajikan
|
40
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar