Kamis, 17 Maret 2016

KISI-KISI SOAL UASBN SD/MI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Mata Pelajaran : Matematika

KISI-KISI  SOAL UASBN  SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Mata Pelajaran          : Matematika                                                                                                  BentukSoal :PilihanGanda
Penulis : 1. Samuji, S.Pd                                                                                             JumlahSoal : 40 butir
                          2. WindaNurAndini, S.Pd
                                      3.Suhaemi, S.Pd
                                      4. Ruth Kristianti, S.Pd
                                      5.AmimunNasih, S.Pd
                                      6.DedySubsanto, S.Pd
                                                                                                           

No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
Bahankelas/Smstr
Kemampuan
 yang diukur
( Materi )
IndikatorSoal
SoalNomor
1
Menentukanhasiloperasipenjumlahandanpenguranganbilangancacah(minimal tigaangka).

IV
OperasiHitungBilangan
Siswa dapat  menentukanhasiloperasipenjumlahandanpenguranganbilangancacah dengan tepat

1
2
Menentukanhasiloperasiperkaliandan
pembagianpadabilangancacahatausebaliknya.

IV
OperasiHitungBilangan
Siswa dapat menentukanhasiloperasiperkaliandanpembagianpadabilangancacahdengan tepat.
2
3
Menentukanhasiloperasihitung
penjumlahandanpenguranganbilanganbulat(positifdannegatif)

IV
OperasiHitungBilangan
Siswa dapat menentukanhasiloperashitungPenjumlahandanpenguranganbilanganbulat dengan tepat

3
4
Menentukanhasiloperasihitung
perkaliandanpembagianbilanganbulat(positifdannegatif)

IV
OperasiHitungBilangan
Siswa dapat menentukanhasiloperasihitung
Perkaliandanpembagianbilanganbulat dengan tepat

4
5
MenentukanFPB   atauKPKdaritigabilangan       duaangkadalambentukfaktorisasi.

IV
FPB dan KPK
Siswa dapat MenentukanFPB   atauKPKdaritigabilangan           duaangkadalambentukfaktorisasi.

5
6
MenentukanFPB   atauKPKdaritigabilanganduaangka.

IV
FPB dan KPK
Siswa dapat menentukanFPB   atauKPKdaritigabilanganduaangkadengan tepat

6
7
Menyelesaikanmasalahpenalaranyang berkaitandenganFPB atauKPK.

IV
FPB dan KPK
Siswa dapat menyelesaikanmasalahpenalaranyang berkaitandenganFPB atauKPKdengantepat

7
8
Menghitungoperasibilangansuatubilanganpangkat

V
PangkatdanAkarBilangan
Siswadapatmenentukanhasiloperasihitungpenjumlahandanpenguranganbilanganpangkatduadengantepat
8
9
Menentukanperhitunganbilangan
perpangkatantiga

V
PangkatdanAkarBilangan
Siswadapatmenentukanhasiloperasihitungpenjumlahanataupenguranganbilanganpangkattigadengantepat
9
10
Menghitungoperasibilangansuatubilanganakar
V
PangkatdanAkarBilangan
Siswadapatmenentukanhasiloperasihitungperkaliandanpembagianbilanganakarpangkatduadengantepat
10
11
Menentukanhasilakarpangkattiga

V
PangkatdanAkarBilangan
Siswadapatmenentukanhasilakarpangkattigadarisuatubilangandengantepat
11
12
Mengurutkanberbagaibentukpecahan

V
Pecahan
Siswadapatmengurutkanberbagaibentukpecahan (pecahanbiasa, pecahancampuran, desimal, danpersen)dari yang terkecilketerbesar, atausebaliknyadengantepat
12
13
Menentukanhasiloperasipenjumlahanataupenguranganbilanganpecahan

VI
Pecahan
Siswadapatmenentukanhasiloperasipenjumlahanataupenguranganbilanganpecahandenganbenar

13
14
Menentukanhasiloperasiperkalianataupembagianbilanganpecahan

VI
Pecahan
Siswadapatmenentukanhasiloperasiperkalianataupembagianbilanganpecahandenganbenar

14
15
Menyelesaikanmasalahtentangperbandingansenilaiyang   bertemamakhlukhidup.

VI
Pecahan
Disajikasoalcerita, Siswadapatmenyelesaikanmasalahtentangperbandinganjikadiketahuiselisihnya.  
15
16
Menyelesaikansoaltentangskalayang
berkaitandengantemamakhlukhidup.

V
Pecahan
Disajikansoalcerita, siswadapatmenentukanhasilyang  berkaitandenganskalajikajarakpadadenahdiketahui.
16
17
Menyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuanpanjangyangberbeda.

V
SatuanUkuran
Disajikansoalcerita, siswadapatmenentukanhasilpenguranganyang berkaitandengankonversisatuanmeter.
17
18
Menyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuanberatyang berbeda.

V
SatuanUkuran
Disajikansoalcerita, siswadapatmenyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuanberatdalam kilogram.


18
19
Menyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuanwaktuyang berbeda.

V
SatuanUkuran
Siswadapatmenyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuanwaktudalammenit
19
20
Menyelesaikansoalyangberkaitandengan
operasihitungkonversisatuankuantitasyangberbeda.

V
SatuanUkuran
Siswadapatmenyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuanlusindan gross.
20
21
Menyelesaikansoalyangberkaitandengan
operasihitungkonversisatuanvolume yangberbeda.

V
SatuanUkuran
Siswadapatmenyelesaikansoalyangberkaitandenganoperasihitungkonversisatuan volume.

21
22
Menyelesaikansoalyangberkaitandenganjarak,waktu,dankecepatan.

V
SatuanUkuran
Siswadapatmenentukankecepatan rata-rata jikadiketahuijarak yang ditempuhdanwaktutempuhdengantepat
22
23
Menentukanbangundatarberdasarkansifatnya.

VI
SifatdanUnsurBangunDatar (Segitiga, Segiempat, danLingkaran)
Disajikansifat-sifatbangundatar, siswadapatmenentukanbangundatar yang dimaksud.

23
24
Menentukankesebangunanpadabangundatar.

VI
SifatdanUnsurBangunDatar (Segitiga, Segiempat, danLingkaran)
Disajikangambarbeberapabangundatar, siswadapatmenentukanpasangangambarbangundatar yang sebangun.

24
25
Menentukanluassegitigaatausegiempat

IV
SifatdanUnsurBangunDatar (Segitiga, Segiempat, danLingkaran)
Siswadapatmenentukanluassegitigajikadiketahuiukurantinggidanalasnyadengantepat

25
26
Menentukanluaslingkaran.

V
SifatdanUnsurBangunDatar (Segitiga, Segiempat, danLingkaran)
Siswadapatmenentukanluaslingkaranjikadiketahuijari-jarinya.

26
27
Menentukanluasataukelilinggabunganduabangundatar

VI
SifatdanUnsurBangunDatar (Segitiga, Segiempat, danLingkaran)
Disajikangambargabunganduabangundatar , siswadapatmenentukanluasnyadengantepat

27
28
Menentukanbangunruangberdasarkansifatnya.

VI
SifatdanUnsurBangunRuang (Kubus, Balok, danTabung)
Disajikansifat-sifatbangunruang, siswadapatmenentukanbangunruang yang dimaksud
28
29
Menentukanvolumetabung.

VI
SifatdanUnsurBangunRuang (Kubus, Balok, danTabung)
Disajikan gambar tabungbesertaukurannya, siswa dapat menentukan volumenya dengan tepat

29
30
Menentukanjaring-jaringdarisalahsatubangunruang.

VI
SifatdanUnsurBangunRuang (Kubus, Balok, danTabung)
Disajikan gambar sebuah bangun ruang, siswa dapat menentukan jaring-jaring dari bangun ruang tersebut dengan benar

30
31
Menyelesaikansoalceritayangberkaitandenganbangunruang.

VI
SifatdanUnsurBangunRuang (Kubus, Balok, danTabung)
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
31
32
Menentukanletaktitikkoodinat

V
BidangdanLetakKoordinat
Disajikan gambar koordinat cartesius, siswa dapat menentukan posisi titik pada koordinat yang ditentukan dengan benar

32
33
Menentukanbanyaknyasumbusimetripadasalahsatubangundatar.
VI
SimetridanPencerminan
Disajikan gambar bangun datar, siswa dapat menentukan banyaknya sumbu simetri pada bangun datar tersebut dengan benar

33
34
Menentukanhasilpencerminanbangundatar

VI
SimetridanPencerminan
Disajikan gambarsebuahbangundatar, siswa dapat menentukan hasil pencerminan bangun datar tersebutdenganbenar

34
35
Menyajikandatadalambentuktabel.

VI
MengumpulkandanMengolah data
Disajikan sebuahdata nilai ulangan, siswa dapat menyajikan data tersebut dalam bentuk tabel denganbenar
35
36
Menentukandiagrambatangdaridata yangdisajikandalambentuktabel.

VI
Menyelesaikanmasalah yang berkaitandengan data
Siswadapatmenentukandiagrambatangyang tepatdari data yang disajikandalambentuktabel
36
37
Membacadata  yang  disajikandalambentukdiagramlingkaran

VI
Menyelesaikanmasalah yang berkaitandengan data
Siswadapatmenentukansalahsatuunsurdarisebuah data yang disajikandalambentukdiagramlingkaran

37
38
Menentukanrata-rata  hitungdaridata yang disajikandalambentukdiagram, tabel,ataudataacak

VI
Menyelesaikanmasalah yang berkaitandengan data
Siswadapatmenentukannilai rata-rata darisekumpulan data (rentangbanyak data 6 – 10 )
38
39
Menentukanmodus   daridata   yang disajikandalambentukdiagram, tabel, ataudataacak.

VI
Menyelesaikanmasalah yang berkaitandengan data
Siswadapatmenentukannilaimodusdari data yang disajikandalambentukdiagram, tabel, atau         data acak

39
40
Menentukanmedian (datatengah)dari
datayangdiberikan
VI
Menyelesaikanmasalah yang berkaitandengan data
Siswadapatmenentukannilaimediandarisekumpulan datatunggalyangdisajikan
40



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI - KISI SOAL ( USBN ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

KISI - KISI SOAL <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=c...