Kamis, 17 Maret 2016

KISI-KISI SOAL UASBN SD/MI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Mata Pelajaran: PPKn

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5544988464660718"
     crossorigin="anonymous"></script>


KISI-KISI  SOAL UASBN  SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran: PPKn
Penulis              1. RITA YUSPITA,S.Pd                                                                                                                                        BentukSoal :PilihanGanda
                          2. ANI MAFTUHAH,S.Pd                                                                                                                                     JumlahSoal:   butir
                                                                                                                                                                                                                   Paket  : A
No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
Bahan kelas/Smstr
Kemampuan yang diukur                ( Materi )
Indikator Soal
SoalNomor
1


2.



3.



4.




5.




6.
Menjelaskan keberagaman
yang ada
di Indonesia dalam bentuk tulisan
Melaksanakan perilaku
sikap
hemat energi

Memberikan contoh kewajiban manusia
terhadap hewan dan tumbuhan

Memberikan ide tentang cara-cara
penanggulangan
bencana alam
(banjir)

Membuat refleksi sikap tentang
penggunaan air dalam keseharian


Menjelaskan pentingnya rasa
persatuan di dalam kehidupan
bermasyarakat
Kelas IV /1


Kelas IV/1



Kelas IV/1



Kelas IV / 1




Kelas IV / 1




Kelas IV / 1
Indahnya kebersamaan


Selalu berhemat energi



Peduli terhadap Makhluk hidup


Berbagai Pekerjaan




Berbagai Pekerjaan




Pahlawanku
*Siswa  dapat menjelaskan beberapa keberagaman  budaya yang ada di Indonesia
*Siswa dapat menyebutkan  cara    yang baik dalam menghemat energi


*Siswa dapat menyebutkan contoh prilaku yang baik dalam merawat tumbuhan dan hewan

*Siswa mampu memberikan ide bagaimana cara menanggulangi  banjir


*Siswa mampu meyebutkan cara  memanfaatkan air dalam kehidupan sehari-hari


* Siswa mampu memberikan contoh prilaku yang baik dalam menjaga persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat

1


2



3



4




5




6





No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
BahanKls/Semester
Kemampuan yang diuji
(materi)
Indikator Soal
SoalNomor
7



8






9






10





11




12
13


14


15
Mempraktikkan kerja sama
dengan teman dalam
keberagaman di sekolah


Menjelaskan hak dan kewajiban
sebagai warga sehubungan
dengan pemanfaatan sumber
daya alam

Merumuskan sikap-sikap
yang wajib dilakukan terhadap
kelestarian keindahan lingkungan
alam


Menjelaskan arti dan makna
simbol-simbol sila dalam
Pancasila



Mendeskripsikan salah satu hak
yang seharusnya didapat sebagai
warga negara

Siswa mampu menjelaskan cara menjaga sarana
Mengidetifikasi keunikan dari
berbagai daerah

Memberikan contoh sikap yang
menunjukkan rasa persatuan

Memberikan pendapat tentang
keberagaman suatu daerah

Kelas IV/1



Kelas IV/2






Kelas IV / 2






Kelas IV/2





Kelas IV / 2



Kelas IV/2

Kelas IV / 2


Kelas IV/2


Kelas IV/2
Pahlawanku



Indahnya Negeriku






Indahnya Negeriku






Cita - citaku





Cita -citaku



Tempat tinggalku

Tempat Tinggalku


Tempat tinggalku


Tempat tinggalku
*Siswa mampu melaksanakan kegiatan kerja bakti yang di lakukan di lingkungan sekolah

*Siswa mampu menyebutkan cara menjaga hak dan kewajiban dengan pemanfaatan sumber daya alam dengan baik.



*Siswa dapat menyebutkan Sikap  baik yang harus dilakukan oleh warga Negara Indonesia  dalam menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan alam.


*Siswa dapat menjelaskan arti simbol –simbol sila dari pancasila.




*Siswa dapat menjelaskan salah satu hak sebagai warga negara Indonesia

*Siswa dapat menyebutkan cara menjaga sarana dengan baik
* Siswa dapat menyebutkan berbagai kekayaan Budaya Indoesia

*Siswa dapat menyebutkan contoh prilaku yang baik dalam menjaga persatuan
*Siswa mampu memberikan pendapat tentang keberagaman suatu daerah

7


8






9






10





11



12

13


14


15













KISI-KISI  SOAL UASBN  SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran: PPKn
Penulis              1. RITA YUSPITA,S.Pd                                                                                                                                        Bentuk Soal :Pilihan Ganda
                          2. ANI MAFTUHAH,S.Pd                                                                                                                                     Jumlah Soal:    butir
                                                                                                                                                                                                                 Paket   : B
No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
Bahan kelas/Smstr
Kemampuan yang diukur                ( Materi )
Indikator Soal
SoalNomor
1



2




3








4.
Merumuskan tentang pentingnya
hemat BBM dengan kegiatan
membuat poster

Memberikan contoh kewajiban sebagai
warga terhadap tumbuhan dan hewan
setelah berdiskusi

Mempraktikkan perilaku yang
menunjukkan kewajiban sebagai warga
di lingkungan sekolah untuk menjaga
kebersihan dan keindahan lingkungan


Menjelaskan kewajiban
sebagai
seorang pekerja dalam kehidupan
sehari-hari di masyarakat
Kelas IV /1



Kelas IV/1




Kelas IV/1








Kelas IV/1
Indahnya Kebersamaan



Peduli Terhadap Makhluk Hidup



Peduli Terhadap Makhluk Hidup







Berbagai  Pekerjaan
*Siswa dapat membuat rumus cara menghemat BBM dengan benar


*siswa mampu memberikan contoh prilaku yang baik dalam memelihara hewan dan tumbuhan


*Siswa mampu menyebutkan prilaku yang baik dalam mempraktikan kewajiban sebagai warga negara Indonesia untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan




*Siswa dapat menyebutkan kewajiban seorang pekerja dalam kehidupan sehari-hari

1


2





3








4








No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
BahanKls/Semester
Kemampuan yang diuji
(materi)
Indikator Soal
SoalNomor
5



6



7




8






9






10





11





12



13



14



15

Menjelaskan kenampakan hutan
yang ada di Kalimantan


Memberikan contoh sikap yang
menunjukkan rasa persatuan

 Menjelaskan arti bersatu dalam
keberagaman



Menemukan contoh pelaksanaan
kewajiban sebagai warga terhadap
lingkungan



Menjelaskan alasan pentingnya
menjaga kelestarian keindahan
lingkungan melalui kegiatan
mengamati gambar dan diskusi

Mengidentifikasi pengamalan
salah satu sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari

Mendeskripsikan salah satu
kewajiban yang seharusnya
dilakukan sebagai warga negara
untuk melestarikan lingkungan

Menyebutkan kewajiban sebagai
Masyarakat


Memberikan pendapat tentang
keberagaman suatu daerah


Memberikan contoh bentuk kerjasama


Menjelaskan manfaat kerjasama
(gotong royong
Kela IV/1



Kelas IV / 1



Kelas IV/1




Kelas IV/2






Kelas IV / 2






Kelas IV / 2





Kelas IV / 2





Kelas IV / 2



Kelas IV/2



Kelas IV / 2



Kelas IV / 2
Berbagai Pekerjaan



Pahlawanku



Pahlawanku




Pahlawanku






Pahlawanku






Cita-citaku





Cita-citaku





Tempat tinggalku



Tempat Tinggalku



Tempat tinggalku



Tempat tinggalku
*Siswa mampu menyebutkan manfaat hutan yang ada di kalimantan dengan benar

*Siswa dapat menyebutkan contoh prilaku yang baik dalam menunjukkan rasa persatuan

*Siswa dapat menyebutkan pentingnya arti bersatu dalam bermasyarakat.


*Siswa mampu menyebutkan contoh melaksanakan kewajiban sebagai warga masyarakat terhadap lingkungan sekitar



*Siswa menyebutkan pentingnya menjaga pelestarian lingkungan





*Siswa dapat menyebutkan salah satu pengamalan sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari



*Siswa dapat menyebutkan salah satu kewajiban dalam menjaga  kelestarian lingkungan



*Siswa mampu menyebutkan kewajiban yang dilakukan sebagai masyarakat

*Siswa mampu menyebutkan keberagaman budaya suatu daerah


*Siswa mampu menyebutkan contoh  kerjasama dalam kehidupan sehari-hari

*Siswa dapat menyebutkan manfaat kerjasama yang baik.
5



6



7





8







9




10





11




12




13



14



15






KISI-KISI  SOAL UASBN  SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran: Pendidikan Kewarnegaraan
Penulis              1.DAHRAWATI,S.Pd.SD                                                                                                 BentukSoal :PilihanGanda
                           2. SYARIFUDDIN ,S.PD                                                                                                  JumlahSoal: 15 butir

No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
Bahankelas/Smstr
Kemampuan yang diukur                ( Materi )
IndikatorSoal
Soal
nomor
1





2





3





 

4







Mengidentifikasi keperluan hidup Anggota Keluarga di rumah


Mengidentifikasi pola prilaku umum anggota masyarakat (gotong royong,ruang utama
,sopan santun)

Mengelompokkan contoh dan bukan contoh tentang prilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di rumah


Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

V/1





V/1




V/1






V/1

Benda-benda di lingkungan sekitar




Peristiwa dalam kehidupan




Kerukunan Dalam Masyarakat






Sehat Penting

Siswa dapatMenyebutkan keperluan hidup anggota keluarga di rumah




Siswa dapatMenjelaskan pentingnya pola prilaku umum anggota masyarakat



Siswa dapatMenyebutkan contoh dan bukan contoh tentang prilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di rumah



Siswa dapatMenjelaskan akibat tidak di laksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah

1 s/d 2





3




4 s/d 5






6 s/d 7

No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
BahanKls/Semester
Kemampuan yang diuji
(materi)
Indikator Soal
SoalNomor
5






6




7



8






9
Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sila pertama dlama lambing Negara Garuda Pancasila


Memahami Karakteristik Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk Sosial


Menyebutkan nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Menunjukkan keanekaragaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah


Menunjukkan sikap-sikap yangharus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup


            V/2






V/2





V/2




V/2





          V/2







Bangga Sebagai Bangsa Indonesia



  

Organ Tubuh Manusia dan
Hewan




Sejarah Peradaban Manusia




Ekosistem





Lingkungan Sahabat Kita







Siswa dapat Menyebutkan perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sila pertama dalam lambang Negara Garuda Pancasila



Siswa mampuMenyebutkan karakteristik manusia sebagai makhluk  individu dan makhluk social



Siswa dapat Menyebutkan nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia di Indonesia


Siswa dapatMenyubutkan keanekaragman budaya dalam Bhineka Tunggal Ika di rumah



Siswa dapat Menyebutkan siakap-sikap yang harus di kembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup
8






9





10 s/d 11





12 s/d 13





14s/d 15














KISI-KISI  SOAL UASBN  SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran: PKN
Penulis             1. Zubair  ,S.Pd                                                                                                                                      BentukSoal :PilihanGanda
                          2. Zaenal Arifin ,S.Pd                                                                                                                            JumlahSoal: 40    butir

No.
Indikator kisi-kisi UASBN
Bahan kelas/Smstr
Kemampuan yang diukur                ( Materi )
Indikator Soal
Soal Nomor
1





2






3




4
Menjelaskan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila ketuhanan Yang Maha Esa dan sila kemanusiaan yang adil dan beradab

Memberikan contoh pelaksanaan nilai Pancasila ,yaitu sila ketuhanan yang Maha Esa dan sila Kemanusiaan yang adil dan beradab 

Menceritakan sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai  Pancasila di rumah,sekolah,dan lingkungan masyarakat sekitar.

Menceritakan pengalaman  dan rencana mempraktekan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dirumah,di sekolah dan lingkungan masyarakat sekiitar
6/1






6/1






6/1




6/1
Selamatkan  Mahluk  Hidup





Selamatkan  Mahluk Hidup






Selamatkan Mahluk Hidup




Selamatkan Mahluk  Hidup
Siswa mampu menjelaskan nilai-nilai pancasila yang terkandung dalam sila ketuhan yang maha esa  dan sila kemanusiaan yang adil dan beradab


Siswa mampu memberikan salah satu contoh pelaksanaan nilai pancasila  sila pertama dan kedua




Siswa mampu menjelaskan  sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila di rumah,sekolah,danlingkungan  masyarakat sekitar

Siswa mampu  menyebutkan pengalaman dan rencana mempraktikkan  yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di rumah , di sekolah dan lingkungan massyarakat sekitar


1  s/d  2





3  s/d  4






5  s/d  6




     7








No.
Indikatorkisi-kisi UASBN
BahanKls/Semester
Kemampuan yang diuji
(materi)
Indikator Soal
SoalNomor
5



6




7



8



9





10






11





12





13



14



15




16



17



18





19



20



21





22






23



24



25






26




27






28






29



30




31




32





33


34




35










36


























































































































































































































Menceritakan pengalaman menerapkan nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari

Memahami manfaaat keaneka ragaman sosial budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
Menceritakan pengalaman menerapkan  nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari

Menerapkan nilai-nilai persatuan melalui gerakan tarian

Menyebutkan  hak,kewajiban dan tanggung jawab sehubungan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat

Memahami nilai – nilai persatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan.

Menjelaskan hak,kewajiban,dantanggung jawab sehubungan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat

Mengomunikasikan secara lisan tentang hak kewajiban dan tanggung jawab sehubungan  dengan  penemuan dan pengaruhnya

Menjelaskan saling ketergantungan  dalam era globalisasi

Mengomunikasikan saling ketergantungan  dalam era globalisasi

Menjelaskan saling ketergantungan dalam era globalisasi


Melakukan debat  tentang saling ketergantungan  dalam  era globalisasi

Menjelaskan hubungan katergantungan Masyarakat Indonesia

Mengidentifikasi  keberagaman masyarakat Indonesia sebagai modal dasar dalam membangun kehidupan yang lebih baik

Menjelaskan keterkaitan manusia dengan lingkungan alam

Melaporkan hasil opservasi  interaksi manusia dengan lingkungan  alam

Menjelaskan berbagai  kegiatan masyarakat  dalam rangka menciptakan lingkungan sehat


Melaporkan secara  lisan dan tulisan kerjasama dalam masyarakat




Setelah berdiskusi ,siswa mampu menjelaskan  manfaat kerja sama

Siswa membuat laporan tentang kerja sama dengan temannya

Mengomunikasikan pengamalan  nilai-nilai persatuan dan  kesatuan bangsa dan kepemimpinan di suatu wilayah

Menyampaikan contoh  dari penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan  dalam kehidupan sehari-hari

Menemukan pengamalan nilai-nilai persatuan  dan kesatuan  bangsa dari kegiatan atau program  budaya dan kesehatan di suatu wilayah

Mengomunikasikan penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan melalui program  budaya atau kesehatan di suatu wilayah


Siswa mampu menjelaskan  makna  saling ketergantungan

Siswa mampu memberikan contoh saling ketergantungan  dalam kehidupan sehari-hari

Mencari informasi  keanekaragaman penduduk /hasil sumber daya unggulan daerah

Mengkomunikasikan  manfaat hasil  sumber daya itu bagi masyarakat  setempat dan masyarakat di
Daerahnya

Membedakan hak,kewajiban dan tanggung jawab

Menyebutkan hak,kewajiban,dan tanggung jawab sebagai warga untuk mewujudkan  keteraturan

Memberikan contoh tentang  kewajiban yang dapat  dilakukan  untuk menegakkan  aturan  dan
menjaga ketertiban  di lingkungan rumah,sekolah,dan masyarakat

Mempraktikan kewajiban menegakkan  aturan  dan menjaga ketertiban  di lingkungan rumah,sekolah,dan masyarakat








6/1



6/1



6/1



6/1



6/1





6/1






6/1





6/1





6/1



6/1




                6/1



6/1



6/1




6/1



6/1





6/2







6/2



6/2





6/2






6/2




6/2





6/2






6/2








6/2


6/2


6/2



6/2




6/2



6/2


6/2






           6/2







            6/2











Rukun dalam perbedaan



Rukun dalam perbedaan



Rukun dalam perbedaan



Rukun dalam perbedaan



Penemu yang mengubah Dunia





Penemu yang mengubah Dunia









Penemu yang mengubah Dunia





Penemu yang mengubah Dunia





Globalisasi



Globalisasi







Globalisasi



Wira usaha






Wira usaha





Wira usaha



Wira usaha





Menuju masyarakat sehat







Menuju masyarakat sehat



Menuju masyarakat sehat



Kepemimpinan



Kepemimpinan




Kepemimpinan






Kepemimpinan








Bumiku



Bumiku




Bumiku

Bumiku




Bumiku



Menjelajah Angkasa luar


Menjelajah angkasa luar




Menjelajah Angkasa luar









Menjelajah Angkasa luar


Siswa  dapat menyebutkan  pengalaman menerapkan nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menjelaskan berbagai kegiatan masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan seahat

Siswa dapat  menceritakan  pengalaman nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari

Siswa mampu menerapkan  nilai-nilai persatuan melalui gerakan tarian

Siswa mampu menyebutkan hak , kewajiban dan tanggung jawab  sehubungan dengan penemuan
dan pengaruhnya  bagi masyarakat


Siswa dapat menyebutkan nilai-nila persatuandan kesatuan pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan.


Siswa mampu menjelaskan hak,kewajiban dan tanggung sehubungan dengan penemuan dan pengaruhnya terhadap masyarakat
Siswa dapat mengomunikasikan secara lisan tentang hak dan kewajiban


Siswa mampu menjelaskan saling ketergantungan dalam era globalisasi


Siswa mampu  menjelaskan saling  ketergantungan  dalam  era globalisasi




Siswa dapat melakukan debat tentang saling ketergantungan  dalam era globalisasi

Siswa  mampu menjelaskan  hubungan kstergantungan masyarakat Indonesia

Siswa mampu mengidentifikasi keberagaman masyarakat Indonesia sebagai modal dasar dalam membangun kehidupan yang lebih baik




Siswa melaporkan hasil observasi interaksi  manusia dengan lingkungan alam

Siswa mampu menjelaskan  berbagai kegiatan dalam rangka menciptakan lingkungan sehat



Siswa mampu melaporkan secara lisan dan tulisan  kerjasama dalam  masyarakat





Siswa mampu  menjelaskan manfaat kerjasama


Siswa mampu  membuat laporan tentang kerja sama  dengan temannya

Siswa mampu  menjelaskan  pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan kepemimpinan di suatu wilayah

Siswa mampu menyebutkan contoh dari penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan  dalam kehidupan sehari-hari

Siswa mampu menyebutkan pengamalan nilai-nilai perrsatuan dan kesatuan  bangsa dari kegiatan atau program budaya dan keshatan  di suatu wilayah


Siswa mampu  menyebutkan penerapan  nilai -nilai persatuan dan  kesatuan  melalui program budaya atau kesehatan  di suatu wilayah




Siswa mampu menjelaskan makna saling ketergantungan

Siswa mampu memberikan contoh  saling ketergantungan dalam kehidupan sehari-hari

Siswa mampu menyebutkan keanekaragaman penduduk/hasil sumber daya unggulan daerah


Siswa mampu menuliskan contoh hasil sumber daya  unggulan daerah

Siswa  mampu menyebutkan manfaat  sumber daya  bagi  masyarakat di daerahnya

Siswa mampu menyebutkan  perbedaan antara hak,kewajiban dan tanggung jawab

Siswa menyebutkan  tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga


Siswa menuliskan contoh tentang kewajiban yang dapat dilakukan









Siswa mampu menuliskan  kewajiban menegakkan  aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan ,rumah,sekolah dan masyarakat















       8



       9



       10



       11



        12






         13









         14





         15




          16




         17






         18



          19



          20








           21



            22





           23







        24



         25





        26






         27




          28




          29




          30



         31



         32



          33




          34



          35



         36



      37dan38









    39dan40






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI - KISI SOAL ( USBN ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

KISI - KISI SOAL <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=c...