<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5544988464660718"
crossorigin="anonymous"></script>
KISI-KISI
SOAL UASBN SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran: PPKn
Penulis 1. RITA
YUSPITA,S.Pd BentukSoal
:PilihanGanda
2. ANI
MAFTUHAH,S.Pd JumlahSoal:
butir
Paket : A
No.
|
Indikatorkisi-kisi UASBN
|
Bahan kelas/Smstr
|
Kemampuan yang diukur ( Materi )
|
Indikator Soal
|
SoalNomor
|
1
2.
3.
4.
5.
6.
|
Menjelaskan keberagaman
yang ada
di Indonesia dalam bentuk tulisan
Melaksanakan perilaku
sikap
hemat energi
Memberikan contoh kewajiban manusia
terhadap hewan dan
tumbuhan
Memberikan ide tentang cara-cara
penanggulangan
bencana alam
(banjir)
Membuat refleksi sikap tentang
penggunaan air dalam
keseharian
Menjelaskan pentingnya rasa
persatuan di dalam kehidupan
bermasyarakat
|
Kelas IV /1
Kelas IV/1
Kelas IV/1
Kelas IV / 1
Kelas IV / 1
Kelas IV / 1
|
Indahnya kebersamaan
Selalu berhemat energi
Peduli terhadap Makhluk hidup
Berbagai Pekerjaan
Berbagai Pekerjaan
Pahlawanku
|
*Siswa dapat menjelaskan beberapa keberagaman budaya yang ada di Indonesia
*Siswa dapat menyebutkan cara yang baik dalam menghemat energi
*Siswa dapat menyebutkan contoh
prilaku yang baik dalam merawat tumbuhan dan hewan
*Siswa mampu memberikan ide
bagaimana cara menanggulangi banjir
*Siswa mampu meyebutkan cara memanfaatkan air dalam kehidupan
sehari-hari
* Siswa mampu memberikan contoh
prilaku yang baik dalam menjaga persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat
|
1
2
3
4
5
6
|
No.
|
Indikatorkisi-kisi UASBN
|
BahanKls/Semester
|
Kemampuan yang diuji
(materi)
|
SoalNomor
|
|
7
8
9
10
11
12
13
14
15
|
Mempraktikkan kerja sama
dengan teman dalam
keberagaman di
sekolah
Menjelaskan hak dan kewajiban
sebagai warga sehubungan
dengan pemanfaatan sumber
daya alam
Merumuskan sikap-sikap
yang wajib dilakukan terhadap
kelestarian keindahan lingkungan
alam
Menjelaskan arti dan makna
simbol-simbol sila dalam
Pancasila
Mendeskripsikan salah satu hak
yang seharusnya didapat sebagai
warga negara
Siswa mampu menjelaskan cara menjaga
sarana
Mengidetifikasi keunikan dari
berbagai daerah
Memberikan contoh sikap yang
menunjukkan rasa
persatuan
Memberikan pendapat tentang
keberagaman suatu
daerah
|
Kelas IV/1
Kelas IV/2
Kelas IV / 2
Kelas IV/2
Kelas IV / 2
Kelas IV/2
Kelas IV / 2
Kelas IV/2
Kelas IV/2
|
Pahlawanku
Indahnya Negeriku
Indahnya Negeriku
Cita - citaku
Cita -citaku
Tempat tinggalku
Tempat Tinggalku
Tempat tinggalku
Tempat tinggalku
|
*Siswa mampu melaksanakan kegiatan
kerja bakti yang di lakukan di lingkungan sekolah
*Siswa mampu menyebutkan cara
menjaga hak dan kewajiban dengan pemanfaatan sumber daya alam dengan baik.
*Siswa dapat menyebutkan Sikap baik yang harus dilakukan oleh warga Negara
Indonesia dalam menjaga kelestarian
dan keindahan lingkungan alam.
*Siswa dapat menjelaskan arti
simbol –simbol sila dari pancasila.
*Siswa dapat menjelaskan salah
satu hak sebagai warga negara Indonesia
*Siswa dapat menyebutkan cara
menjaga sarana dengan baik
* Siswa dapat menyebutkan berbagai
kekayaan Budaya Indoesia
*Siswa dapat menyebutkan contoh
prilaku yang baik dalam menjaga persatuan
*Siswa mampu memberikan pendapat
tentang keberagaman suatu daerah
|
7
8
9
10
11
12
13
14
15
|
KISI-KISI
SOAL UASBN SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran: PPKn
Penulis 1. RITA
YUSPITA,S.Pd Bentuk Soal :Pilihan Ganda
2. ANI
MAFTUHAH,S.Pd Jumlah Soal:
butir
Paket : B
No.
|
Indikatorkisi-kisi UASBN
|
Bahan kelas/Smstr
|
Kemampuan yang diukur ( Materi )
|
Indikator Soal
|
SoalNomor
|
1
2
3
4.
|
Merumuskan tentang pentingnya
hemat BBM dengan kegiatan
membuat poster
Memberikan contoh kewajiban sebagai
warga terhadap tumbuhan dan hewan
setelah berdiskusi
Mempraktikkan perilaku yang
menunjukkan kewajiban sebagai warga
di lingkungan sekolah untuk menjaga
kebersihan dan
keindahan lingkungan
Menjelaskan kewajiban
sebagai
seorang pekerja dalam kehidupan
sehari-hari di
masyarakat
|
Kelas IV /1
Kelas IV/1
Kelas IV/1
Kelas IV/1
|
Indahnya Kebersamaan
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Berbagai Pekerjaan
|
*Siswa dapat membuat rumus cara
menghemat BBM dengan benar
*siswa mampu memberikan contoh
prilaku yang baik dalam memelihara hewan dan tumbuhan
*Siswa mampu menyebutkan prilaku
yang baik dalam mempraktikan kewajiban sebagai warga negara Indonesia untuk
menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan
*Siswa dapat menyebutkan kewajiban
seorang pekerja dalam kehidupan sehari-hari
|
1
2
3
4
|
No.
|
Indikatorkisi-kisi UASBN
|
BahanKls/Semester
|
Kemampuan yang diuji
(materi)
|
Indikator Soal
|
SoalNomor
|
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
|
Menjelaskan kenampakan hutan
yang ada di
Kalimantan
Memberikan contoh sikap yang
menunjukkan rasa persatuan
Menjelaskan arti bersatu dalam
keberagaman
Menemukan contoh pelaksanaan
kewajiban sebagai warga terhadap
lingkungan
Menjelaskan alasan pentingnya
menjaga kelestarian keindahan
lingkungan melalui kegiatan
mengamati gambar dan
diskusi
Mengidentifikasi pengamalan
salah satu sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
Mendeskripsikan salah satu
kewajiban yang seharusnya
dilakukan sebagai warga negara
untuk melestarikan lingkungan
Menyebutkan kewajiban sebagai
Masyarakat
Memberikan pendapat tentang
keberagaman suatu
daerah
Memberikan contoh
bentuk kerjasama
Menjelaskan manfaat kerjasama
(gotong royong
|
Kela IV/1
Kelas IV / 1
Kelas IV/1
Kelas IV/2
Kelas IV / 2
Kelas IV / 2
Kelas IV / 2
Kelas IV / 2
Kelas IV/2
Kelas IV / 2
Kelas IV / 2
|
Berbagai Pekerjaan
Pahlawanku
Pahlawanku
Pahlawanku
Pahlawanku
Cita-citaku
Cita-citaku
Tempat tinggalku
Tempat Tinggalku
Tempat tinggalku
Tempat tinggalku
|
*Siswa mampu menyebutkan manfaat
hutan yang ada di kalimantan dengan benar
*Siswa dapat menyebutkan contoh
prilaku yang baik dalam menunjukkan rasa persatuan
*Siswa dapat menyebutkan
pentingnya arti bersatu dalam bermasyarakat.
*Siswa mampu menyebutkan contoh
melaksanakan kewajiban sebagai warga masyarakat terhadap lingkungan sekitar
*Siswa menyebutkan pentingnya
menjaga pelestarian lingkungan
*Siswa dapat menyebutkan salah
satu pengamalan sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari
*Siswa dapat menyebutkan salah satu
kewajiban dalam menjaga kelestarian
lingkungan
*Siswa mampu menyebutkan kewajiban
yang dilakukan sebagai masyarakat
*Siswa mampu menyebutkan
keberagaman budaya suatu daerah
*Siswa mampu menyebutkan
contoh kerjasama dalam kehidupan
sehari-hari
*Siswa dapat menyebutkan manfaat
kerjasama yang baik.
|
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
|
KISI-KISI SOAL UASBN
SD/MI
TAHUN
PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran:
Pendidikan Kewarnegaraan
Penulis 1.DAHRAWATI,S.Pd.SD BentukSoal :PilihanGanda
2. SYARIFUDDIN ,S.PD JumlahSoal: 15 butir
No.
|
Indikatorkisi-kisi
UASBN
|
Bahankelas/Smstr
|
Kemampuan
yang diukur ( Materi )
|
IndikatorSoal
|
Soal
nomor
|
1
2
3
4
|
Mengidentifikasi
keperluan hidup Anggota Keluarga di rumah
Mengidentifikasi
pola prilaku umum anggota masyarakat (gotong royong,ruang utama
,sopan
santun)
Mengelompokkan
contoh dan bukan contoh tentang prilaku yang mencerminkan persatuan dan
kesatuan di rumah
Menjelaskan
akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
V/1
V/1
V/1
V/1
|
Benda-benda
di lingkungan sekitar
Peristiwa
dalam kehidupan
Kerukunan
Dalam Masyarakat
Sehat
Penting
|
Siswa
dapatMenyebutkan keperluan hidup anggota keluarga di rumah
Siswa
dapatMenjelaskan pentingnya pola prilaku umum anggota masyarakat
Siswa
dapatMenyebutkan contoh dan bukan contoh tentang prilaku yang mencerminkan persatuan
dan kesatuan di rumah
Siswa
dapatMenjelaskan akibat tidak di laksanakannya kewajiban dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
|
1
s/d 2
3
4
s/d 5
6
s/d 7
|
No.
|
Indikatorkisi-kisi
UASBN
|
BahanKls/Semester
|
Kemampuan
yang diuji
(materi)
|
Indikator
Soal
|
SoalNomor
|
5
6
7
8
9
|
Memberikan
contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sila
pertama dlama lambing Negara Garuda Pancasila
Memahami
Karakteristik Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk Sosial
Menyebutkan
nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
Menunjukkan
keanekaragaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah
Menunjukkan
sikap-sikap yangharus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi
kebutuhan hidup
|
V/2
V/2
V/2
V/2
V/2
|
Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Organ
Tubuh Manusia dan
Hewan
Sejarah
Peradaban Manusia
Ekosistem
Lingkungan
Sahabat Kita
|
Siswa
dapat Menyebutkan perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila sila pertama dalam lambang Negara Garuda Pancasila
Siswa
mampuMenyebutkan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social
Siswa
dapat Menyebutkan nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
di Indonesia
Siswa
dapatMenyubutkan keanekaragman budaya dalam Bhineka Tunggal Ika di rumah
Siswa
dapat Menyebutkan siakap-sikap yang harus di kembangkan dalam kehidupan
sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup
|
8
9
10
s/d 11
12
s/d 13
14s/d
15
|
KISI-KISI
SOAL UASBN SD/MI
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran:
PKN
Penulis 1. Zubair ,S.Pd BentukSoal
:PilihanGanda
2. Zaenal Arifin
,S.Pd JumlahSoal:
40 butir
No.
|
Indikator kisi-kisi UASBN
|
Bahan kelas/Smstr
|
Kemampuan yang diukur ( Materi )
|
Indikator Soal
|
Soal Nomor
|
1
2
3
4
|
Menjelaskan nilai-nilai Pancasila yang terkandung
dalam sila ketuhanan Yang Maha Esa dan sila kemanusiaan yang adil dan beradab
Memberikan contoh pelaksanaan nilai Pancasila ,yaitu
sila ketuhanan yang Maha Esa dan sila Kemanusiaan yang adil dan beradab
Menceritakan sikap-sikap yang sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila di
rumah,sekolah,dan lingkungan masyarakat sekitar.
Menceritakan pengalaman dan rencana mempraktekan yang sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila dirumah,di sekolah dan lingkungan masyarakat sekiitar
|
6/1
6/1
6/1
6/1
|
Selamatkan
Mahluk Hidup
Selamatkan
Mahluk Hidup
Selamatkan Mahluk Hidup
Selamatkan Mahluk
Hidup
|
Siswa mampu menjelaskan nilai-nilai pancasila yang
terkandung dalam sila ketuhan yang maha esa
dan sila kemanusiaan yang adil dan beradab
Siswa mampu memberikan salah satu contoh pelaksanaan
nilai pancasila sila pertama dan kedua
Siswa mampu menjelaskan sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai
pancasila di rumah,sekolah,danlingkungan
masyarakat sekitar
Siswa mampu
menyebutkan pengalaman dan rencana mempraktikkan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di
rumah , di sekolah dan lingkungan massyarakat sekitar
|
1 s/d 2
3 s/d 4
5 s/d 6
7
|
No.
|
Indikatorkisi-kisi UASBN
|
BahanKls/Semester
|
Kemampuan yang diuji
(materi)
|
Indikator Soal
|
SoalNomor
|
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
|
Menceritakan pengalaman menerapkan nilai persatuan
dalam kehidupan sehari-hari
Memahami manfaaat keaneka ragaman sosial budaya dan
ekonomi dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
Menceritakan pengalaman menerapkan nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari
Menerapkan nilai-nilai persatuan melalui gerakan
tarian
Menyebutkan
hak,kewajiban dan tanggung jawab sehubungan dengan penemuan dan
pengaruhnya bagi masyarakat
Memahami
nilai – nilai persatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan
kemerdekaan.
Menjelaskan hak,kewajiban,dantanggung jawab
sehubungan dengan penemuan dan pengaruhnya bagi masyarakat
Mengomunikasikan secara lisan tentang hak kewajiban
dan tanggung jawab sehubungan
dengan penemuan dan pengaruhnya
Menjelaskan saling ketergantungan dalam era globalisasi
Mengomunikasikan saling ketergantungan dalam era globalisasi
Menjelaskan saling ketergantungan dalam era
globalisasi
Melakukan debat
tentang saling ketergantungan
dalam era globalisasi
Menjelaskan hubungan katergantungan Masyarakat
Indonesia
Mengidentifikasi
keberagaman masyarakat Indonesia sebagai modal dasar dalam membangun
kehidupan yang lebih baik
Menjelaskan keterkaitan manusia dengan lingkungan
alam
Melaporkan hasil opservasi interaksi manusia dengan lingkungan alam
Menjelaskan berbagai
kegiatan masyarakat dalam
rangka menciptakan lingkungan sehat
Melaporkan secara
lisan dan tulisan kerjasama dalam masyarakat
Setelah berdiskusi ,siswa mampu menjelaskan manfaat kerja sama
Siswa membuat laporan tentang kerja sama dengan
temannya
Mengomunikasikan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan kepemimpinan di suatu
wilayah
Menyampaikan contoh
dari penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
Menemukan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dari kegiatan atau program budaya dan kesehatan di suatu wilayah
Mengomunikasikan penerapan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan melalui program budaya atau
kesehatan di suatu wilayah
Siswa mampu menjelaskan makna
saling ketergantungan
Siswa mampu memberikan contoh saling
ketergantungan dalam kehidupan
sehari-hari
Mencari informasi
keanekaragaman penduduk /hasil sumber daya unggulan daerah
Mengkomunikasikan
manfaat hasil sumber daya itu
bagi masyarakat setempat dan
masyarakat di
Daerahnya
Membedakan hak,kewajiban dan tanggung jawab
Menyebutkan hak,kewajiban,dan tanggung jawab sebagai
warga untuk mewujudkan keteraturan
Memberikan contoh tentang kewajiban yang dapat dilakukan
untuk menegakkan aturan dan
menjaga ketertiban
di lingkungan rumah,sekolah,dan masyarakat
Mempraktikan kewajiban menegakkan aturan
dan menjaga ketertiban di
lingkungan rumah,sekolah,dan masyarakat
|
6/1
6/1
6/1
6/1
6/1
6/1
6/1
6/1
6/1
6/1
6/1
6/1
6/1
6/1
6/1
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
6/2
|
Rukun dalam perbedaan
Rukun dalam perbedaan
Rukun dalam perbedaan
Rukun dalam perbedaan
Penemu yang mengubah Dunia
Penemu yang mengubah Dunia
Penemu yang mengubah Dunia
Penemu yang mengubah Dunia
Globalisasi
Globalisasi
Globalisasi
Wira usaha
Wira usaha
Wira usaha
Wira usaha
Menuju masyarakat sehat
Menuju masyarakat sehat
Menuju masyarakat sehat
Kepemimpinan
Kepemimpinan
Kepemimpinan
Kepemimpinan
Bumiku
Bumiku
Bumiku
Bumiku
Bumiku
Menjelajah Angkasa luar
Menjelajah angkasa luar
Menjelajah Angkasa luar
Menjelajah Angkasa luar
|
Siswa dapat
menyebutkan pengalaman menerapkan
nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menjelaskan berbagai kegiatan masyarakat
dalam rangka menciptakan lingkungan seahat
Siswa dapat
menceritakan pengalaman nilai
persatuan dalam kehidupan sehari-hari
Siswa mampu menerapkan nilai-nilai persatuan melalui gerakan
tarian
Siswa mampu menyebutkan hak , kewajiban dan tanggung
jawab sehubungan dengan penemuan
dan pengaruhnya
bagi masyarakat
Siswa dapat menyebutkan nilai-nila persatuandan kesatuan pada masa perjuangan
mempertahankan kemerdekaan.
Siswa mampu menjelaskan hak,kewajiban dan tanggung
sehubungan dengan penemuan dan pengaruhnya terhadap masyarakat
Siswa dapat mengomunikasikan secara lisan tentang
hak dan kewajiban
Siswa mampu menjelaskan saling ketergantungan dalam
era globalisasi
Siswa mampu
menjelaskan saling
ketergantungan dalam era globalisasi
Siswa dapat melakukan debat tentang saling
ketergantungan dalam era globalisasi
Siswa mampu
menjelaskan hubungan kstergantungan
masyarakat Indonesia
Siswa mampu mengidentifikasi keberagaman masyarakat
Indonesia sebagai modal dasar dalam membangun kehidupan yang lebih baik
Siswa melaporkan hasil observasi interaksi manusia dengan lingkungan alam
Siswa mampu menjelaskan berbagai kegiatan dalam rangka menciptakan
lingkungan sehat
Siswa mampu melaporkan secara lisan dan tulisan kerjasama dalam masyarakat
Siswa mampu
menjelaskan manfaat kerjasama
Siswa mampu
membuat laporan tentang kerja sama
dengan temannya
Siswa mampu
menjelaskan pengamalan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan kepemimpinan di suatu wilayah
Siswa mampu menyebutkan contoh dari penerapan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan
dalam kehidupan sehari-hari
Siswa mampu menyebutkan pengamalan nilai-nilai
perrsatuan dan kesatuan bangsa dari
kegiatan atau program budaya dan keshatan
di suatu wilayah
Siswa mampu
menyebutkan penerapan nilai
-nilai persatuan dan kesatuan melalui program budaya atau kesehatan di suatu wilayah
Siswa mampu menjelaskan makna saling ketergantungan
Siswa mampu memberikan contoh saling ketergantungan dalam kehidupan
sehari-hari
Siswa mampu menyebutkan keanekaragaman
penduduk/hasil sumber daya unggulan daerah
Siswa mampu menuliskan contoh hasil sumber daya unggulan daerah
Siswa mampu
menyebutkan manfaat sumber daya bagi
masyarakat di daerahnya
Siswa mampu menyebutkan perbedaan antara hak,kewajiban dan tanggung
jawab
Siswa menyebutkan
tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga
Siswa menuliskan contoh tentang kewajiban yang dapat
dilakukan
Siswa mampu menuliskan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan
,rumah,sekolah dan masyarakat
|
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37dan38
39dan40
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar